English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Wednesday, June 06, 2012

Wow Motor dengan Dua Mesin HD!

Assalamu'alaikum...
Mayasa©. Artikel ini saya kutip dari Motorplus online. Karena ide yang ditawarkan luar biasa dan out of the box (menurut saya) maka saya post lagi disini.

Motor berjuluk Twintrax memang bukan barang baru, motor ini sudah dikenalkan beberapa tahun silam oleh sang builder Christoph Madaus. Namun seperti yang saya ungkapkan diatas, ide gilanya yang out of the box sangat menarik untuk diulas.
Motor ini menggunakan 2 buah mesin after market Harley-Davidson dari S&S Evolution. Totalnya kapasitas mesinnya jadi 1.340 kali dua. Atau sekitar 2.680 cc! Dengan dua mesin tenaganya berkisar di angka 160 hp.

Tapi sebagai penggerak ke roda belakang tetap menggunakan satu buah gearbox dengan transmisi 5 percepatan. Untuk menghubungkan kedua mesin digunakan belt dari mesin satu ke mesin 2. Lalu satu belt lagi dari mesin kedua ke transmisi.



Dengan mengusung dua mesin, otomatis panjang motor ini jadi molor hampir 3 meter, atau tepatnya 2.710 mm. Wheelbasenya saja 2.060 mm, enggak kebayang seperti apa rasanya membawa motor ini berjalan di kemacetan Jakata, tentu akan terasa sulit selap-selip.

Apalagi posisi berkendaranya dibuat rebah layaknya drag bike. Posisi kaki sampai harus rebah ke belakang. Makin merepotkan lagi, bobotnya jadi lebih berat yaitu mencapai 400 kilogram. 

Btw saya yakin ide gila tersebut dapat direalisasikan juga oleh builder kita kok, meski sepertinya motor tersebut kurang cocok untuk jalanan di Indonesia.

Wassalamu'alaikum...

Dimensions
Wheelbase: 2060mm (81.1 in)
Length over all: 2710mm (106.7 in)
Height over all: 990 mm (39 in)
Rake: 63 degree
Weight: 400kg ( 881.84 lbs)
Gas tank: TWINTRAX, Aluminium, 14 Liter (3.7 gal)
Engine oil tank: TWINTRAX, Aluminium, 4 Liter (1.06 gal)

Engine
Engine: 2x Harley-Davidson/ S&S Evolution engines
Displacement: 2x 1340ccm (2x 80 cui)
Camshaft: Crane Fire ball
Carburator: 2x H-D CV
Air cleaner: Twintrax/ K&N
Ignition: 2x Crane HI 4 Dual fire
Exhaust manifold: 4 in 1 TWINTRAX
Muffler: Supertrapp EAR external disk system with TWINTRAX deflectors
Horsepower: 2 x 80 hp

Power train
Transmission: 5-speed H-D with Andrew gears
Primedrive: Twintrax beltdrive with 2 belts (engine 1 to engine 2, width 50mm engine 2 to clutch shell, width 85mm) and dry clutch
Secondary transmission: O-ring rear chain

Frame
Frame: TWINTRAX, CAD construction, WIG welded
Rake: 63 degree
Frontend: White Power Upside Down Fork
Rear shocks: White Power special konfiguration
Rear wheel: 200/70 B15 Metzeler ME880
Front wheel: 130/70 B18 Metzeler ME880
Brake
Calipers: 3x6 piston Billet calipers
Disks: Performance machine rotors, Front 2x13in Full Floater, Rear 11.5in Full Floater

Elerctrics
Batteries: 2xgel batteries 19Ah with parallel switch for starting procedure
Instruments: PI-research racing digital dashboard with data logging

0 comments:

Post a Comment

Thank you for visiting this blog ...
Please leave at least a comment to improve the quality of this blog.
Thank you very much....