English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Saturday, June 02, 2012

NGANTUKAN?
Ini Cirinya \(^o^)/

Assalamu'alaikum...
sleepy, ngantukan
I'm so sleepy mengantuk
Mayasa©. Rasa kantuk memang sering datang tanpa kita duga. Bagi kebanyakan orang, rasa kantuk hanya datang saat tubuh merasa lelah atau sudah waktunya tidur karena sudah larut malam. Namun beberapa orang bisa juga tertidur saat sedang ngobrol atau berhenti di lampu merah saking mengantuknya.

Orang-orang yang sangat mudah jatuh tertidur atau disebut juga 'ngantukan' alias 'pellor' (nempel molor)(^O^)v biasanya punya masalah dengan pola tidur. Bisa jadi orang itu kurang tidur, atau cukup tidur namun kualitasnya tidak baik karna mengalami Obstructive Sleep Apnea (OSA) atau henti napas saat tidur.

OSA terjadi ketika jalan napas mengalami penyumbatan saat sedang tidur, sehingga terjadi henti napas yang tidak disadari selama tidur. Fenomena yang bisa terjadi hingga 400 kali dalam semalam ini membuat orang bangun dalam kondisi tidak segar karena kekurangan oksigen.
ngantukan, mengantukDampak yang bisa langsung dirasakan adalah jadi ngantukan atau mudah sekali jatuh tertidur. Sementara dalam jangka panjang, kualitas tidur yang buruk juga berhubungan dengan berbagai risiko penyakit kronis seperti hipertensi, sakit jantung, kegemukan, diabetes dan bahkan kanker.

Nah bagaimana cara untuk mengetahui apakah kita masuk kategori ngantukan atau tidak? Ada cara mudah untuk mendeteksinya, seperti yang dinyatakan oleh dr Lanny S Tanudjaya berikut ini.
"Coba dijawab kuesioner berikut, lalu beri nilai di masing-masing pernyataan. Kalau nilai totalnya setelah dijumlah lebih dari 10, maka orang tersebut termasuk kategori ngantukan," kata dr Lanny S Tanudjaya, dari Sleep Clinic RS Premiere Bintaro, dalam media gathering di Bintaro, Rabu (30/5/2012).
 
ngantukan, mengantukPernyataan yang dimaksud dr Lanny berupa 8 kondisi yang bisa membuat orang merasa mengantuk. Tugas pasien/ kita adalah memberi nilai berdasarkan kemungkinan mengantuk pada tiap-tiap kondisi, mulai dari 0 (nol) untuk tidak mungkin mengantuk hingga 3 untuk sangat mungkin mengantuk. Jika jumlahnya lebih dari 10, maka pasien/kita masuk dalam kategori ngantukan.
  1. Duduk dan membaca buku (0 1 2 3)
  2. Menonton TV (0 1 2 3)
  3. Duduk diam di tempat umum (0 1 2 3)
  4. Menumpang mobil selama 1 jam tanpa henti (0 1 2 3)
  5. Berbaring santai (0 1 2 3)
  6. Duduk dan berbincang dengan seseorang (0 1 2 3)
  7. Duduk diam setelah makan tanpa minum alkohol (0 1 2 3)
  8. Mengendarai mobil lalu berhenti di lampu merah (0 1 2 3)
Keterangan

0: Tidak mungkin tertidur
1: Agak mudah tertidur
2: Mudah tertidur
3: Sangat mudah tertidur

Bagaimana, mudah bukan cara mendeteksinya?
Nah silahkan dicoba dan ketahui apakah anda masuk kategori 'pellor' atau tidak hehe...
Semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum.

Oya, artikel yang menarik ini saya temukan di sini

0 comments:

Post a Comment

Thank you for visiting this blog ...
Please leave at least a comment to improve the quality of this blog.
Thank you very much....