English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Monday, June 04, 2012

Kebiasaan Anak yang Cukup Meresahkan


Assalamu'alaikum...

kebiasaan anak, menggigit kukuMayasa©. Kebiasaan dalam KBBI diartikan sebagai pola untuk melakukan tanggapan terhadap situasi tertentu yang dipelajari oleh seorang individu dan yg dilakukannya secara berulang untuk hal yang sama. Sedangkan dalam wikipedia dijelaskan bahwa kebiasaan dalah dalam pengertian yang paling sederhana adalah sesuatu yang telah dilakukan untuk sejak lama dan menjadi bagian dari kehidupan. Dapat disimpulkan bahwa kebiasaan merupakan perilaku yang dilakukan secara terus menerus oleh individu yang terjadi secara tidak sadar/ spontan.

Setiap individu baik dewasa maupun anak-anak pasti memiliki kebiasaan tertentu, tapi ada kalanya kebiasaan tersebut kurang disukai oleh orang lain baik orangtua ataupun teman. Khusunya bagi anak, ada beberapa kebiasaan yang tidak disukai oleh orang tuanya, baik karena faktor kesehatan atau karena mengganggu penampilan.
Meski beberapa kebiasaan anak mungkin mengganggu atau mengkhawatirkan, tapi dalam kebanyakan kasus kebiasaan ini hanyalah salah satu fase dalam proses perkembangan yang normal dan tidak berbahaya.

Kebiasaan adalah suatu pola perilaku yang diulang dan orang biasanya tidak menyadari melakukan hal itu. Meski anak-anak tidak menyadari, tapi orangtua memperhatikan hal tersebut bisa membuatnya terganggu sehingga tidak disukai.

Nah kebiasaan apa saja yang ternyata tidak disukai oleh orang tua tersebut?
Berikut ini beberapa kebiasaan yang paling umum dijumpai pada anak-anak dan juga remaja, namun seringkali tidak disukai orangtua, seperti dikutip dari MSNHealth, Sabtu (2/6/2012) yaitu:
  1. Menggigit kuku
  2. Ini merupakan kebiasaan yang paling umum dimiliki anak-anak. beberapa penelitian memperkirakan sekitar 30-60 persen anak-anak dan remaja memiliki kebiasaan menggigit satu atau lebih kuku. Pada tahun-tahun awal kelahiran baik anak laki-laki maupun perempuan memiliki kerentanan yang sama terhadap kebiasaan menggigit kuku. Namun ketika semakin bertambah maka anak laki-laki lebih mungkin memiliki kebiasaan ini ketimbang anak perempuan.
  3. Menghisap jempol
  4. kebiasaan anak, menghisap jempol, kebiasaan burukJempol memang lebih suka dihisap oleh anak ketimbang jari lain seperti telunjuk. Hal ini karena berkaitan dengan gerakan acak ibu jari yang bersentuhan dengan mulut saat masih di dalam kandungan. Hampir seperempat dari setengah anak berusia 2-4 tahun memiliki kebiasaan mengisap jempol dan kebanyakan anak melakukan hal ini untuk menenangkan dan menghibur dirinya sendiri. Tapi jika masih terjadi sampai usia 4-5 tahun maka bisa menyebabkan masalah pada gigi atau infeksi ibu jari.
  5. Memilin-milin rambut
  6. Mayoritas anak-anak yang suka memilim-milin atau memutar-mutar rambutnya adalah anak perempuan. Kebiasaan ini mungkin muncul pada usia dini sebagai permulaan kebiasaan menarik-narik rambut. Tapi kebiasaan ini hilang ketika bertambah usia. Namun jika kebiasaan ini dimulai ketika anak sudah bertambah usia atau remaja bisa jadi merupakan tanda dari kegelisahan, depresi atau gangguan Ebesif Kompulsif (OCD).
  7. Memetik hidung
  8. Meskipun kebiasaan ini umumnya dimulai pada masa anak-anak, tapi sebenarnya bisa bertahan lama bahkan hingga ia dewasa. Bahkan salah satu studi menunjukkan kebiasaan ini bisa mempengaruhi pola makannya yang menjadi lebih pemilih (picky eater).

Apakah satu atau bahkan keempat kebiasaan itu pernah anda lakukan?
Terus terang saya tidak ingat, namun yang saya ingat pasti adalah saat masih kecil saya sering  menggigit ujung kerah baju. Apa karena napsu makan saya yang besar yak???

Only God Knows Why...
Wassalamu'alaikum.
Taken from here

0 comments:

Post a Comment

Thank you for visiting this blog ...
Please leave at least a comment to improve the quality of this blog.
Thank you very much....