English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Friday, March 30, 2012

Jenis-jenis dan Contoh Penelitian

Assalamu'alaikum...
Class Action Research salah satu langkah memperbaiki PBM

Mayasa©. Penelitian, tentu kata tersebut sudah tidak asing lagi dan mungkin saat ini anda sedang melaksanakan suatu penelitian, entah dalam rangka menyusun skripsi atau untuk tujuan yang lain. Penelitian atau riset sering dideskripsikan sebagai suatu proses investigasi yang dilakukan dengan aktif, tekun, dan sistematis, yang bertujuan untuk menemukan, menginterpretasikan, dan merevisi fakta-fakta.
Sebelumnya saya minta maaf jika blog ini lebih banyak berisi postingan tentang tugas atau materi kuliah. Yach, dikarenakan tujuan saya untuk pengingat masa-masa kuliah sekaligus biar ilmu yang saya dapat tidak mudah lupa atau hilang. Harapannya sih bisa berguna juga... (Aamiin)
Kali ini saya ingin mempost salah satu tugas makul Penelitian Pendidikan. Btw, makul ini diajar oleh dosen yang oleh kebanyakan orang dianggap killer, tapi sebenarnya pak dosen tuh malah betul-betul membimbing mahasiswanya meskipun kata-katanya to the point. So yang belum paham karakter beliau, dijamin langsung sakit hati hehe ...
Back to the topic, pada tugas kali ini kami diminta menuliskan jenis-jenis penelitian dan contohnya. So langsung saja anda simak hasilnya..
  1. Penelitian Menurut Tujuan
    1. Penelitian Murni adalah penelitian yang dilakukan diarahkan sekedar untuk memahami masalah dalam organisasi secara mendalam (tanpa ingin menerapkan hasilnya). Penelitian dasar bertujuan untuk mengembangkan teori dan tidak memperhatikan kegunaan yang langsung bersifat praktis. Jadi penelitian murni/dasar berkenaan dengan penemuan dan pengembangan ilmu.
      Ex : Penelitian tentang gen, DNA, penelitian yang berhubungan dengan penemuan dan pengembangan ilmu
    2. Penelitian Terapan adalah penelitian yang diarahkan untuk mendapatkan informasi yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah.
      Ex : Penelitian pendidikan yang berkaitan tentang bagaimana meningkatkan minat baca siswa, penelitian yang berkaitan dengan factor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa untuk belajar
  2. Penelitian Menurut Metode
    1. Penelitian Survey adalah Penelitian yang dilakukan pada popolasi besar maupun kecil, tetapi data yang dipelajari adalah data dari sampel yang diambil dari populasi tersebut, sehingga ditemukan kejadian-kejadian relatif, distribusi dan hubungan-hubungan antar variabel sosilogis maupun  psikologis.
      Ex : Penelitian mengenai tingkat kesejahteraan masyarakat di pedesaan, penelitian mengenai kualitas tingkat pendidikan di pedesaan
    2. Penelitian Ex.Post Facto yaitu penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi yang kemudian merunut ke belakang untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menimbulkan kejadian tersebut
      Ex : Penelitian mengenai menurunnya minat baca siswa, penelitian mengenai menurunnya hasil belajar siswa.
    3. Penelitian Eksperimen yaitu suatu penelitian yang berusaha mencari pengaruh variabel tertentu terhadap variabel yang lain dalam kondisi yang  terkontrol secara ketat. Variabel independennya dimanipulasi oleh peneliti.
      Ex : Penelitian mengenai pengaruh pupuk kompos terhadap kesuburan tanaman.
    4. Penelitian Naturalistik, metode penelitian ini sering disebut dengan metode kualitatif, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek alami (sebagai lawannya) dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci.
      Ex : -
    5. Policy Research yaitu suatu proses penelitian yang dilakukan pada, atau analisis terhadap masalah-masalah sosial yang mendasar, sehingga temuannya dapat direkomendasikan kepada pembuat keputusan untuk bertinak secara praktis dalam menyelesaikan masalah.
      Ex : Penelitian mengenai kebijakan baru pemerintah mengenai Undang-undang pornografi
    6. Action Research merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan metode kerja yang paling efisien, sehingga biaya produksi dapat ditekan dan produktifitas lembaga dapat meningkat. Tujuan utama penelitian ini adalah mengubah: 1) situasi, 2) perilaku, 3) organisasi termasuk struktur mekanisme kerja, iklim kerja, dan pranata.
      Ex : Penggunaan metode Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa
    7. Penelitian Evaluasi merupakan bagian dari proses pembuatan keputusan, yaitu untuk membandingkan suatu kejadian, kegiatan dan produk  dengan standar dan program yang telah ditetapkan. 
      Ex : Penelitian mengenai kualitas guru setelah mengikuti program profesi
    8. Penelitian Sejarah, berkenaan dengan analisis yang logis  terhadap kejadian-kejadian yang berlangsung di masa lalu. Sumber datanya bisa primer, yaitu orang yang terlibat langsung dalam kejadian itu, atau sumber-sumber dokumentasi yang berkenaan dengan kejadian itu. Tujuan penelitian sejarah adalah untuk merekonstruksi kejadian-kejadian masa lampau secara sistematis dan obyektif, melalui pengumpulan, evaluasi, verifikasi, dan sintesa data diperoleh, sehingga ditetapkan fakta-fakta untuk membuat suatu kesimpulan.
      Ex : Penelitian mengenai rusaknya candi sewu di Prambanan
  3. Penelitian Menurut Tingkat Eksplanasi
    1. Penelitian Deskriptif adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan, atau penghubungan dengan variabel yang lain.
      Ex : Penelitian mengenai penggunaan teknologi computer di beberapa SD di pedesaan
    2. Penelitian Komparatif adalah suatu penelitian yang bersifat membandingkan. Variabelnya masih sama dengan penelitian varabel mandiri tetapi untuk sample yang lebih dari satu, atau dalam waktu yang berbeda. 
      Ex : Penelitian mengenai kualitas air tanah di pedesaan dibandingkan di perkotaan.
    3. Penelitian Assosiatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variable atau lebih. Dengan penelitian ini maka akan dapat dibangun suatu teori yang dapat berfungsi untuk menjelaskan, meramalkan dan mengontrol suatu gejala. 
      Ex : Penelitian mengenai hubungan kelengkapan media pembelajaran dengan motivasi belajar siswa
  4.  Penelitian Menurut Jenis Dan Analisisnya
    1. Penelitian Kuantitatif
      Ex : Penelitian mengenai pengaruh metode Snowball terhadap prestasi belajar siswa.
    2. Penelitian Kualitatif
      Ex : Penelitian mengenai asal usul nama suatu daerah
    3. Penelitian Gabungan
      Ex : Penelitian tentang data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk angka-angka, juga berupa data kualitatif sebagai pendukungnya,  seperti kata-kata atau kalimat yang tersusun dalam angket, kalimat hasil konsultasi atau wawancara antara peneliti dan informan.
Demikianlah uraian mengenai jenis-jenis penelitian dan contoh-contohnya. Jika ada kesalahan mohon diberitahukan.
Semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum.....

Tugas Penelitian Pendidikan, PGSD semester V. Disusun dari berbagai sumber.

3 comments:

  1. Informatif banget,..
    Sangat bermanfaat,,.
    Semoga barokah,... amin,..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih koment-nya bro. . .
      Amiin. . .

      Delete
  2. Assalamu'alaikum wr. wb
    Isinya sangat bermanfaat, namun beberapa masukan yang perlu saya sampaikan:
    1. Penelitian kuantitatif merupakan penelitian untuk yang sifatnya sempit dan indikator penilaiannya jelas, spesifik dan terukur, biasanya menggunakan angka (skala mumerik dan ordinal. Untuk menentukan pilihan biasanya menggunakan kuesioner
    2. Penelitian kualitatif merupakan penelitian untuk yang sifatnya meluas, indikatornya banyak dan sulit membuat skala penilaiannya. Untuk menentukan jawaban menggunakan wawancara atau study dokumen yang biasanya memakan waktu cukup lama.
    3. Penelitian gabungan (mix method) merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif secara bersamaan atau saling melengkapi dalam satu penelitian.
    Wallahu a'lamu.
    Semoga bermanfaat.
    Wassalam,
    Nugroho

    ReplyDelete

Thank you for visiting this blog ...
Please leave at least a comment to improve the quality of this blog.
Thank you very much....