English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Monday, July 02, 2012

Giving Question Getting Answer

Assalamu'alaikum...
mtode question and getting answer, metode inovatif, aktif learning
Question And Answer/ Pict: Google
Mayasa©. Perubahan paradigma pendidikan dari teacher centered menjadi student centered membuat para pelaku pendidikan harus menjadi lebih kreatif dalam membuat variasi pembelajaran. Perubahan peran guru, yakni dari pusat/ sumber pengetahuan menjadi fasilitator tentu harus dibarengi dengan perubahan pola pikir guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Seperti yang berulang kali saya ungkapkan, ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mem-variasikan kegiatan belajar mengajar. Misalnya hal-hal yang berhubungan dengan media pembelajaran, penggunaan metode-metode pembelajaran yang inovatif, maupun bentuk penugasan atau penilaian yang unik.


Tujuan mem-variasikan kegiatan belajar mengajar adalah untuk menghindari kejenuhan baik siswa maupun guru tentunya, serta agar siswa terlatih untuk aktif dan kritis dalam memahami lingkungannya sehingga mereka mampu untuk mengeluarkan ide maupun pendapat berkenaan dengan masalah yang ada disekitarnya. 


Karena hal-hal tersebut, maka kali ini saya ingin membahas sebuah metode yang menurut saya mampu memfasilitasi siswa untuk menemukan masalah dan mengeluarkan ide dalam memecahkan permasalahan tersebut tentunya dengan suasana yang cukup menyenangkan.
Metode yang akan kita bahas kali ini adalah metode pembelajaran Giving Question And Getting Answer. Untuk selengkapnya mari kita simak bersama ....

A. Pengertian Metode Giving Questions And Getting Answer
Metode pembelajaran Giving Questions And Getting Answer merupakan implementasi dari strategi pembelajaran kontrukstivistik yang menempatkan siswa sebagai subyek dalam pembelajaran. Artinya, siswa mampu merekontruksi pengetahuannya sendiri sedangkan guru hanya sebagai fasilitator saja. Metode ini dikembangkan untuk melatih siswa memiliki kemampuan dan ketrampilan bertanya dan menjawab pertanyaan, karena pada dasarnya metode tersebut merupakan modifikasi dari metode Tanya jawab yang merupakan kolaborasi dengan menggunakan potongan-potongan kertas sebagai medianya. 


aktif learning, metode giving question and getting answer,
Aktif tanda anak menikmati pembelajaran
Kegiatan bertanya dan menjawab merupakan hal yang sangat penting dalam pola interaksi antara guru dan siswa. Mudjiono mengatakan bahwa ”kegiatan bertanya dan menjawab yang dilakukan oleh guru dan siswa dalam proses belaja mengajar mampu menumbuhkan pengetahuan baru pada diri siswa”. (Mudjiono, dalam www.sejarahklasik.blogspot.com )


Metode giving questions and getting answer dapat dilakukan bersamaan dengan metode ceramah, agar siswa lebih memahami mata pelajaran. Metode ceramah sebagai dasar agar siswa mendapatkan pengetahuan dasar. Dengan demikian siswa akan menjadi aktif dalam proses pembelajaran dan mampu merekonstruksi pengetahuan yang dimilikinya, sedangkan guru hanya bertindak sebagai fasilitator.

B. Prosedur Metode Giving Questions And Getting Answer
Adapun langkah-langkah penerapan metode giving questions and getting answer menurut zaini, dkk ( 2007 : 71 ) adalah sebagai berikut:
  1. Buat potongan-potongan kertas sebanyak dua kali jumlah siswa / mahasiswa.
  2. Minta setiap siswa /mahasiswa untuk menglengkapi pertanyaan berikut ini.
    1. Kertas 1= saya masih belum paham tentang
    2. Kertas 2= saya dapat menjelaskan tentang
  3. Bagi siswa / mahasiswa, ke dalam kelompok kecil,4 atau 5 orang
  4. Masing-masing kelompok memilih pertanyaan – pertanyaan yang ada (kartu 1) dan juga topik-topik yang dapat mereka jelaskan (kertas2)
  5. Minta setiap kelompok untuk membaca pertanyaan – pertanyaan yang telah mereka seleksi. Jika ada diantara siswa yang bisa menjawab, diberi kesempatan untuk menjawab, guru / dosen harus menjawab.
  6. Minta setiap kelompok untuk menyampaikan apa yang dapat mereka jelaskan dari kelas 2, selanjutnya minta mereka untuk menyampaikannya ke kawan-kawan.
  7. Lanjutkan proses ini sesuai dengan waktu dan kondisi yang ada
  8. Akhiri pmbelajaran dengan menyampaikan rangkuman dan klarifikasi dari jawaban – jawaban dan penjelasan kepada siswa.
Dari uraian diatas tentu teman-teman setuju jika metode Giving Question and Getting Answer cukup mudah untuk diterapkan. Dan saya yakin bahwa dengan menerapkan metode tersebut, maka siswa akan terbiasa untuk kritis dan tanggap terhadap lingkungan yang dihadapi. Karena untuk membuat pertanyaan yang berkualitas sama sulitnya dengan menjawab suatu permasalahan.


Selamat mencoba, maju terus pendidikan Indonesia. 
AAMIIN....
Wassalamu'alaikum....


Daftar Pustaka :
  • Sejarah klasik, Diakses pada tanggal 24 Oktober 2010 http://www.sejarahklasik.blogspot.com
  • Zaini Hisyam, dkk. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif . Yogyakarta :CTSD (center for teaching staff development)

1 comment:

  1. Bila Anda mencari referensi tentang metode ini, silahkan hubungi toko buku bandung. kami menyedia solusi untuk anda

    ReplyDelete

Thank you for visiting this blog ...
Please leave at least a comment to improve the quality of this blog.
Thank you very much....