English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Tuesday, April 10, 2012

Merancang Double Diskbrake

Assalamu'alaikum...
Mayasa©. Yups kembali lagi dalam artikel modifikasi. Setelah saya membahas jenis-jenis monoshock pada postingan yang lalu, kali ini saya ingin share mengenai cara merancang double disk brake atau rem cakram ganda pada roda depan sepeda motor.
Saat ini modifikasi dengan dua cakram besar di roda depan motor telah menjadi hal yang umum dilakukan. Namun bagaimana jika kita kesulitan menemukan bengkel modifikasi seperti yang saya alami?
Tenang mas bro, karena alhamdulillah saya sudah menemukan solusinya hehe...

Yang perlu anda persiapkan :
  1. Tromol depan standar
    Sebenarnya kita dapat menggunakan tromol dari pelek palang, namun saya lebih suka tromol pelek jari. Karena jika kita ingin mengganti pelek, tromol tersebut masih dapat digunakan.
  2. Disk depan dua buah
  3. Kaliper dua buah
    Untuk kaliper dapat disesuaikan dengan selera dan dana. Rekomendasi saya adalah anda dapat menggunakan kaliper milik supra x 125 untuk sebelah kanan dan kaliper vario/ beat untuk sebelah kiri. Tujuannya agar baut angin berada diatas semua.
  4. Tabung shockbreaker depan
    Kita dapat menggunakan dua tabung yang ada dudukan kaliper atau membuat dudukan kaliper dengan menggunakan las almunium. Tentunya dengan minta bantuan bengkel.

  5. Selang rem 2 buah (panjang) atau 3 buah (pendek)

  6. Baut neple
    Baut neple yang perlu disiapkan sejumlah 3 buah jika menggunakan selang panjang/ 6 buah jika menggunakan selang pendek. Baut tersebut dapat diganti baut solar yang dijual ditoko baut.



    Kita juga perlu membuat baut panjang (jika kita menggunakan 2 selang) atau membuat cabang (T) jika menggunakan 3 selang. T (untuk sambungan) atau baut neple yang panjang tersebut dapat kita buat ditukang bubut.
    T (sambungan selang)
Setelah semua bahan terkumpul selanjutnya anda perlu minta bantuan bengkel bubut untuk membuatkan tambahan daging di tromol sebelah kiri. (lihat gambar)



Tromol sebelah kanan
Tromol sebelah kiri

Kemudian silahkan anda rangkai seperti biasa. 
Yang pasti kita akan capek wira-wiri untuk pergi kebengkel atau mencari perlengkapan tersebut, namun proses assembly /perakitan dapat kita lakukan sendiri.
Ini hasilnya

Ini adalah opsi yang saya lakukan karena sulit mencari bengkel modifikasi, serta karena permasalahan dana jadi modifikasi ini saya buat menjadi proyek jangka panjang.
itulah pengalaman yang saya lakukan demi mempunyai motor dengan cakram ganda didepan.
Semoga bermanfaat dan Wassalamu'alaikum....

7 comments:

  1. Ada efek negatifnya gk gan kalo pasang dobel disc sendiri gitu ?!

    ReplyDelete
  2. Pake master rem standar emg kuat bro?

    ReplyDelete
  3. i can't see the picture's 🙁

    ReplyDelete
  4. Master remnya diganti enggak mas?

    ReplyDelete
  5. Punya saya blm bisa padat handel remnya tapi kalau di tarik handelnya baru setengah tetep bisa ngerem.. kira2 apanya ya om..??

    ReplyDelete

Thank you for visiting this blog ...
Please leave at least a comment to improve the quality of this blog.
Thank you very much....