English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Saturday, August 04, 2012

Tahapan Pembelajaran Pictorial Riddle [Plus RPP]

model pembelajaran pictorial riddle, inquiry, teka-teki bergambar
BOS sebagai permasalahan yang dikaji
Assalamu'alaikum...
Mayasa©. Sesuai janji saya beberapa waktu yang lalu, bahwa saya akan memperdalam uraian mengenai Model Pembelajaran Pictorial Riddle. Maka kali ini akan saya coba untuk menambahkan sedikit uraian tentang tahapan model pictorial riddle. Semoga tambahan uraian berikut ini dapat kita pahami dan laksanakan.

Btw, ada beberapa referensi yang menyebut pictorial riddle sebagai metode pembelajaran, namun ada juga yang menyebutnya sebagai model pembelajaran. Terlepas dari mana istilah yang benar, saya anggap bahwa pictorial riddle sebagai suatu model pembelajaran.

Untuk lebih jelasnya, silahkan disimak uraian berikut ini ...

Model Pembelajaran Inquiry dengan Metode Pictorial Riddle
Pictorial Riddle merupakan salah satu dari beberapa jenis inquiry yang dapat diikuti. Pendekatan dengan menggunakan Pictorial Riddle adalah salah satu teknik atau metode untuk mengembangkan motivasi dan minat siswa di dalam diskusi kelompok kecil maupun besar. Metode ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk memecahkan masalah yang telah disampaikan sebelumnya oleh guru melalui gambar, peragaan, atau situasi yang sesungguhnya.
model pembelajaran pictorial riddle, inquiry, teka-teki bergambar
Siswa mendiskusikan teka-teki bergambar
Gambar, peragaan, atau situasi yang sesungguhnya dapat digunakan untuk meningkatkan cara berfikir kritis dan kreatif siswa (Moh. Amin dalam Sudirman dkk : 1989).
Tahapan dalam proses pembelajaran model inquiry dengan pictorial riddle dilakukan sesuai dengan tahapan pembelajaran dengan model inquiry, akan tetapi ada modifikasi dalam penyajian masalahnya yang dikemukakan dengan metode pictorial riddle.
Ada beberapa pendapat berkenaan dengan tahapan pelaksanaan model inquiry salah satunya adalah pendapat Mulyasa dimana Strategi pelaksanaan inquiry tersebut adalah:
  1. Guru memberikan penjelasan, instruksi atau pertanyaan terhadap materi yang akan diajarkan.
  2. Memberikan tugas kepada peserta didik untuk menjawab pertanyaan, yang jawabannya bisa didapatkan pada proses pembelajaran yang dialami siswa. 
  3. Guru memberikan penjelasan terhadap persoalan-persoalan yang mungkin membingungkan peserta didik. 
  4. Resitasi untuk menanamkan fakta-fakta yang telah dipelajari sebelumnya. 
  5. Siswa merangkum dalam bentuk rumusan sebagai kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan
Pendapat diatas dapat dijabarkan sebagai berikut :
  1. Memberikan penjelasan, instruksi, dan pertanyaan
    Siswa diundang ke dalam suatu permasalahan yang menimbulkan teka-teki. Permasalahan yang diberikan ditampilkan dalam bentuk gambar, peragaan atau situasi yang sebenarnya. Kemudian siswa menanyakan tentang apa yang mereka dapat dari permasalahan tersebut atau guru yang memberikan pertanyaan kepada siswa sesuai materi yang ditampilkan.
  2. Memberikan tugas kepada siswa untuk menjawab pertanyaan
    Siswa diberikan kesempatan oleh guru untuk diskusi secara kelompok kecil untuk mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang telah diajukan sebelumnya. Kemudian Siswa diberikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan tersebut.
  3. Guru memberikan jawaban yang mungkin membingungkan siswa
    Guru meluruskan jawaban-jawaban siswa dan menjawab pertanyaan yang tidak dapat dijawab oleh siswa atau yang mingkin membingungkan siswa.
  4. Resitasi
    Siswa diminta untuk mengungkapkan kembali apa yang telah didapatkannya dalam pembelajaran.
  5. Siswa menarik kesimpulan
    Siswa diminta untuk merangkum dalam bentuk rumusan sebagai kesimpulan hasil pembelajaran yang dapat dipertanggungjawabkan.
Adapun contoh skenario pembelajaran pictorial riddle yang tertuang dalam RPP (kegiatan inti) adalah sebagai berikut :

Eksplorasi
  1. Siswa berkelompok secara heterogen. Setiap kelompok beranggotakan 5-6 siswa.
  2. Siswa mengamati gambar masalah sosial dan masalah pribadi yang masih berupa teka-teki.
  3. Berdasarkan gambar masalah sosial dan masalah pribadi tersebut siswa bertanya jawab tentang perbedaan keduanya.
  4. Siswa secara berkelompok mendiskusikan gambar tentang masalah sosial tersebut. Masing-masing kelompok mendiskusikan teka-teki bergambar tentang masalah sosial yang berbeda-beda. Pokok permasalahan yang harus siswa diskusikan dalam kelompoknya adalah:
    1. Bentuk masalah sosial yang ada dalam gambar.
    2. Faktor penyebab adanya permasalahan sosial tersebut.
    3. Akibat yang dapat timbul dari masalah sosial tersebut.
    4. Tindakan pencegahan yang dapat dilakukan.
  5. Salah seorang siswa dari masing-masing kelompok mencatat hasil penyelesaian permasalahan dari kelompoknya.
Elaborasi
  1. Perwakilan kelompok mempresentasikan teka-teki bergambar yang telah didiskusikan dengan kelompoknya. Kelompok lain menanggapi dengan memberikan pertanyaan atau masukan berkaitan dengan hasil presentasi.
  2. Kelompok presentasi mencatat semua masukan yang diberikan oleh kelompok lain untuk kemudian dibahas kembali dengan kelompoknya dan diputuskan mana diantara masukan-masukan tersebut yang dapat dijadikan alternatif jawaban yang tepat.
  3. Kelompok presentasi menyimpulkan rekomendasi yang dapat dilakukan.
  4. Setelah kelompok pertama selesai dilanjutkan dengan kelompok lain sampai masing-masing kelompok mendapat giliran mempresentasikan hasil diskusi.
Konfirmasi
  1. Siswa diarahkan untuk merefleksikan pengalaman belajar yang telah dilakukan.
  2. Siswa memberikan tanggapan atau mengajukan pertanyaan berkaitan dengan materi yang telah dipelajari.
  3. Siswa atau kelompok yang dinilai aktif mengikuti kegiatan pembelajaran menerima reward.
  4. Guru memotivasi siswa yang belum atau kurang aktif agar dapat berpartisipasi aktif dalam pengalaman belajar selanjutnya.
Kutipan skenario pembelajaran tersebut saya ambil dari RPP yang disusun oleh mbak Nur'aini. Sebab yang menggunakan model pembelajaran Pictorial Riddle adalah mbak Nur'aini.
Untuk RPP Pictorial riddle selengkapnya dapat anda download disini.
Terima kasih kunjungannya, semoga bermanfaat dan wasslamu'alaikum...

Daftar Pustaka :
Sudirman dkk. 1987. Ilmu Pendidikan. Bandung : CV. Remadja Karya

7 comments:

  1. kenapa link RPP nya tidak ditemukan ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya perbaiki link-nya.
      Terimakasih pemberitahuannya...

      Delete
    2. bang Shodik Sunandar, apakah bisa memperbaiki link RPP nya kembali?
      karena link RPP nya tidak ditemukan.
      terimakasih sebelumnya

      Delete
  2. terimakasih, ini sangat membantu,,
    tapi saya kesulitan menemukan buku referensi yang digunakan di atas, apakah ada rekomendasi toko buku di tempat saudara berdomisili yang menyediakan buku tersebut dan pembayarannya via transfer? karena saya belum bisa menemukan toko buku online yang menyediakan buku tersebut,,
    terimakasih,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ichy Lucya...
      Maaf saya juga belum menemukan buku tersebut.
      Jika saya menemukannya akan saya kabari segera.

      Delete

Thank you for visiting this blog ...
Please leave at least a comment to improve the quality of this blog.
Thank you very much....