Assalamu'alaikum...
Mayasa©. Pada artikel yang lalu saya telah menguraikan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Seperti yang telah kita ketahui bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar banyak jenisnya, tetapi dapat digolongkan menjadi dua golongan saja, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
Faktor internal adalah faktor yang ada dalam diri individu yang sedang belajar, sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang ada di luar diri individu tersebut.
Sedangkan menurut Sofyatiningrum (2001: 45) “faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa tidak lepas dari dari faktor-faktor yang mempengaruhi belajar siswa itu sendiri. Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar siswa yaitu faktor internal dan eksternal”.
KBM yang menyenangkan |
Salah satu faktor ekternal yang mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah faktor sekolah, yang mencakup metode mengajar, kurikulum, relasi guru siswa, sarana, dsb.
Metode mengajar adalah salah satu cara yang digunakan di dalam mengajar. Dalam proses pembelajaran maka hasil belajar diwujudkan dengan perubahan tingkah laku seseorang dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik secara utuh.
Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa adalah: adanya materi, faktor lingkungan, faktor instrumental, faktor individu siswa serta faktor proses pembelajaran.
Faktor-faktor tersebut dapat diuraikan sebagai berikut:
- Ada materi yang dipelajari
Yakni berkaitan dengan materi yang diberikan pada siswa. Jika siswa telah memahami atau telah mengetahui konsep dalam pengalaman siswa, maka akan mempercepat proses penguasaan materi. - Faktor lingkungan siswaArtinya faktor yang berkaitan dengan lingkungan siswa. Jika lingkungan menguntungkan, melengkapi serta mampu mempengaruhi siswa lebih cepat menguasai materi dan mempengaruhi prestasi atau hasil belajar siswa.
- Faktor instrumental
Yakni berkaitan dengan sarana dan prasarana yang ada saat pembelajaran siswa. Misalnya media pembelajaran, kelengkapan alat siswa berupa buku paket, serta kepedulian orang tua dalam memenuhi kelengkapan belajar anak. - Keadaan individu siswa
Artinya berkaitan dengan motivasi atau minat belajar siswa, karena faktor minat sebagai faktor penentu keberhasilan siswa. Meskipun berbagai sarana terpenuhi, lingkungan mendukung serta kepedulian orang tua tinggi, akan tetapi minat tidak ada, akan menyebabkan rendahnya prestasi. - Proses pembelajaran
Berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Faktor ini meliputi perencanaan, pelaksanaan serta tindak lanjut dalam pembelajaran.
Pengelolaan kelas sesuai dengan langkah, materi, metode serta penggunaan media yang ada akan mempengaruhi proses transformasi nilai-nilai pembelajaran pada siswa. (Mulyasa, 2003:12)
Secara khusus faktor yang berhubungan dengan sekolah yakni : materi, lingkungan belajar, instrumental, individu siswa serta proses pembelajaran juga sangat berpengaruh terhadap kaberhasilan belajar siswa.
Faktor sekolah tentunya harus kita perhatikan dengan seksama sebab peran guru sangat besar dalam mengkondisikan faktor tersebut.
Wassalamu'alaikum...
Source :
- Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya.
- Sofyatiningrum, Etti. 2001. Pengaruh Umpan Balik Guru Terhadap Siswa Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar di SLTP Muhammadiyah 22 Pamulang. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Depdikbud
Cukup memberikan atensi yang baik, banyak faktor yang saling berinteraksi dan tidak dapat terpisahkan yang menjadi kunci kesuksesan belajar anak
ReplyDelete
ReplyDeleteya bagus artikelnya, bermanfaat sekali
Mantao
ReplyDeleteJika guru dengan memiliki semua sifat sifat yang mendukung lancarnya sebuah pembelajaran, apakah pembelajaran akan tetap berjalan dengan lancar?
ReplyDeletekalau menurut saya ya tidak juga, karena bukan hanya guru yang menentukan lancarnya keberlangsungan suatu pembelajaran. Tapi, masih banyak faktor yang lain yang memengaruhi seperti yang disebutkan diatas.
Delete