English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Thursday, October 04, 2012

Strategi Pembelajaran Aktif

strategi pembelajaran, active learning, strategi pembelajaran aktif, cooperative learning
Active learning
Assalamu'alaikum...
Mayasa©. Pemilihan strategi pembelajaran yang tepat akan mempengaruhi hasil pembelajaran yang dicapai siswa. Selain itu, strategi pembelajaran juga menjadi salah satu cara untuk membuat pembelajaran menjadi efektif. Ada bermacam-macam strategi pembelajaran yang dapat kita pilih, misalnya saja pembelajaran aktif (active learning) atau pembelajaran kooperatif (cooperative learning).

Kali ini saya akan menguraikan sedikit tentang strategi pembelajaran aktif.


Strategi pembelajaran adalah cara – cara yang digunakan oleh pengajar untuk memilih kegiatan belajar yang akan digunakan selama proses pembelajaran.
Menurut Hisyam Zaini, Bermawy Munthe dan Sekar Ayu Aryani (2008:xiv) bahwa pembelajaran aktif adalah suatu pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk belajar secara aktif. Dimana mereka yang mendominasi aktifitas pembelajaran. Dengan ini mereka secara aktif menggunakan otak, baik untuk menemukan ide – ide, memecahkan persoalan atau mengaplikasikan apa yang baru mereka pelajari ke dalam satu persoalan yang ada dalam kehidupan nyata.

Berdasarkan pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran aktif adalah suatu cara yang digunakan oleh pengajar selama proses pembelajaran, dimana dalam proses tersebut peserta didik diajak untuk belajar secara aktif dan mendominasi aktifitas belajar sehingga hasil belajar dapat maksimal.

Dalam strategi pembelajaran aktif ini siswa diharapkan aktif dan mampu mengembangkan penalaran dalam menyelesaikan soal matematika. 


Namun seperti yang selalu ditegaskan oleh dosen saya, yakni keaktifan pembelajaran harus diimbangi oleh hasil belajar siswa yang maksimal. Sehingga keaktifan tersebut tidak ditandai dengan sekedar siswa aktif namun juga pemahaman dan kemampuan siswa yang meningkat.
Tentunya kita harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan itu apa sehingga dapat kita optimalkan keaktifan siswa dalam meraih hasil yang maksimal.

Semoga bermanfaaat.
Wassalamu'alaikum...

0 comments:

Post a Comment

Thank you for visiting this blog ...
Please leave at least a comment to improve the quality of this blog.
Thank you very much....