English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Saturday, October 06, 2012

Fungsi Guru Dalam KBM

fungsi guru, tugas guru, peran guru
Assalamu'alaikum...
Mayasa©. Kegiatan belajar mengajar yang efektif dapat terlaksana jika ada interaksi antara guru dengan siswa, interaksi antara siswa dengan siswa serta interaksi antara siswa dengan media pembelajaran. Masing-masing komponen tersebut mempunyai fungsi yang berbeda.

Menurut M. Sobry Sutikno (2009:32) dalam proses pembelajaran kedudukan guru sebagai manager of learning (pengelola belajar) yang senantiasa siap membimbing dan membantu siswa dalam menuju kedewasaan secara utuh dan menyeluruh.

Dalam mengelola pembelajaran Guru dituntut untuk mampu melaksanakan fungsi dalam melaksanakan 4 macam kegiatan berikut ini, yaitu:
  1. Merencanakan
    Keberhasilan dalam pembelajaran sangat tergantung pada kemampuan pendidik dalam menentukan tujuan belajar siswa, cara siswa untuk mencapai tujuan, dan sarana yang digunakan.
    Perencanaan sangat diperlukan dalam pembelajaran, karena perencanaan merupakan faktor penentu hasil belajar. perencanaan dapat berupa perencanaan tujuan pembelajaran, perencanaan sarana pembelajaran dan perencanaan dengan apa siswa mencapai tujuan pembelajaran atau dengan kata lain adalah persiapan yang berupa Silabus dan RPP.
  2. Mengatur
    Dalam tahap ini mencakup kegiatan merencanakan dan mengatur bentuk dan macam kegiatan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
    Mengatur dapat disimpulkan menata faktor-faktor yang dapat mencapai tujuan belajar sehingga tujuan belajar dapat dicapai dengan maksimal.
  3. Mengarahkan
    Dengan memberi motivasi, mengarahkan dan memberi inspirasi kepada siswa untuk belajar.
    Mengarahkan diartikan memberi petunjuk kepada siswa bagaimana mencapai tujuan belajar agar dapat maksimal dengan cara member motivasi, mengarahkan dan memberi inspirasi kepada siswa.
  4. Mengevaluasi
    Merupakan suatu kegiatan untuk mengetahui apakah hasil dari perencanaan, pengaturan, dan pengarahan dapat berjalan dengan baik atau masih memerlukan perbaikan.
    Mengevaluasi bisa juga disebut mengoreksi hasil dari perencanaan, pengaturan dan pengarahan apakah sudah mencapai hasil yang maksimal atau belum. Jika belum, perlu ada perbaikan-perbaikan lagi.
Dengan melaksanakan keempat kegiatan tersebut maka Guru akan mampu mengakomodasi proses pembelajaran sehingga siswa akan dapat meningkatkan kemampuannya dengan optimal. Sebab siswa akan dapat belajar dengan lebih sistematis dan berkesinambungan.

Wassalamu'alaikum...

Source: Sutikno, M Sobry. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect.

0 comments:

Post a Comment

Thank you for visiting this blog ...
Please leave at least a comment to improve the quality of this blog.
Thank you very much....