Assalamu'alaikum...
Mayasa©, Setelah membahas pengertian komunikasi matematika, kali ini saya akan melanjutkan pembahasan tersebut dengan membahas indikator komunikasi matematika. Sebab untuk mengukur kemampuan komunikasi matematika yang dimiliki oleh siswa baik kemampuan komunikasi lisan maupun komunikasi tertulis kita memerlukan suatu indikator, sehingga dengan mudah kita dapat menentukan tingkat kemampuan komunikasi matematika siswa.
Komunikasi Matematis |
- Indikator kemampuan komunikasi lisan yang dikemukakan oleh Suzana dalam Afifah (2011 : 15) adalah:
- Menjelaskan kesimpulan yang diperoleh.
- Menafsirkan solusi yang diperoleh.
- Memilih cara yang paling tepat dalam menyampaikan penjelasannya.
- Menggunakan tabel, gambar, model, dan lain-lain untuk menyampaikan penjelasan.
- Mengajukan suatu permasalahan atau persoalan.
- Menyajikan penyelesaian dari suatu permasalahan.
- Merespon suatu pertanyaan atau persoalan dari siswa lain dalam bentuk argumen yang meyakinkan.
- Menginterpretasi dan mengevaluasi ide-ide, simbol, istilah, serta informasi matematika.
- Mengungkapkan lambang, notasi, dan persamaan matematika secara lengkap dan benar.
- Indikator kemampuan komunikasi tertulis yang dikemukakan oleh Ross dalam Nurlaelah (2009: 25) adalah:
- Menggambarkan situasi masalah dan menyatakan solusi masalah menggunakan gambar, bagan, tabel, atau penyajian secara aljabar.
- Menyatakan hasil dalam bentuk tulisan.
- Menggunakan representasi menyeluruh untuk menyatakan konsep matematika dan solusinya.
- Membuat situasi matematika dengan menyediakan ide dan keterangan dalam bentuk tulisan.
- Menggunakan bahasa matematika dan simbol secara tepat.
Nah itulah sedikit uraian mengenai indikator kemampuan komunikasi matematika siswa. Dengan membandingkan indikator tersebut dengan kondisi siswa akan kita ketahui tingkat kemampuan komunikasi matematika mereka.
Wassaslamu'alaikum...
Sumber :
- Afifah, Nurul. 2011. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Penerapan Pendekatan Creative Problem Solving (CPS) (Suatu Penelitian Eksperimen terhadap Siswa Kelas VII SMPN 14 Bandung). Skripsi FMIPA Pendidikan Matematika UPI: Tidak Diterbitkan.
- Nurlaelah, E. 2009. Pencapaian daya dan Kreativitas Matematik Mahasiswa Calon Guru Melalui Pembelajaran Berdasarkan Teori Apos. Disertasi Doktor Pada SPS UPI. Bandung: Tidak Diterbitkan.
minta sumbernya dong mba...
ReplyDeleteSumbernya sesuai daftar pustaka diatas mas..
DeleteSory lama ga update blog..
mau liat disertasi nya dimana ya ka >
ReplyDeleteBagaimana cara download artikel Nurlaelah nya ya kak? Yg membahas tentang Indikator komunikasi matematis menulis itu?
ReplyDeleteBagaiamana cara melihat artikel nya nurlaelah kak aku butuh banget untuk indikator komunikasi matematis tertulis
ReplyDelete