English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Monday, October 01, 2012

Laporan Hasil Belajar

Assalamu'alaikum...
Mayasa©. Seperti yang telah kita ketahui bahwa hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh individu setelah melakukan kegiatan belajar mengajar yang membawa suatu perubahan dari diri seseorang untuk mencapai tujuan. Hasil belajar itu sendiri dibedakan menjadi beberapa aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotor.

Umumnya hasil belajar disampaikan melalui laporan kemajuan belajar siswa (raport) pada setiap akhir program, semester, atau caturwulan. Namun tahukah anda mengapa hasil belajar perlu dilaporkan secara berkala dalam bentuk dokumen?

Berikut akan kita bahas arti penting mengetahui laporan hasil belajar tersebut.

Laporan tentang hasil belajar dapat bermanfaat bagi beberapa pihak. Suharsimi Arikunto (2009: 281-285) menjelaskan bahwa laporan hasil belajar bermanfaat bagi beberapa pihak yaitu sebagai berikut:

  1. Siswa sendiri
    Menurut Suharsimi Arikunto (2009: 281) bagi siswa, laporan hasil belajar sangat bermanfaat karena:
    1. Secara alamiah seseorang selalu ingin tahu akibat dari apa yang telah mereka lakukan.
    2. Dengan mengetahui hasil yang positif dari perbuatannya, maka pengetahuan yang diperoleh akan dikuatkan.
    3. Jika siswa mendapat informasi bahwa jawabannya salah, maka lain kali tidak akan menjawab seperti itu lagi.
  2. Guru yang mengajar
    Dengan melihat pada catatan laporan hasil belajar siswa, maka guru akan dengan tenang mengamati hasil tersebut. Oleh karena itu laporan ini merupakan dasar bagi guru untuk menentukan langkah selanjutnya.
  3. Guru lain
    Yang dimaksud guru lain adalah guru baru yang akan menggantikan guru yang mengajar dahulu karena siswa naik kelas atau siswa pindahan.
  4. Petugas lain di sekolah
    Siswa yang berada dalam sekolah merupakan tanggung jawab semua pihak yang ada di sekolah. Dengan pihak-pihak yang mengetahui hasil belajar siswa maka hasil belajar siswa akan diperhatikan dan dipikirkan oleh banyak pihak.
  5. Orang tua
    Dengan laporan hasil belajar, orang tua mengetahui kemajuan anak dalam belajar, dan membantu menentukan tindak lanjut dari hasil belajar tersebut.
  6. Pemakai lulusan
    Bagi pemakai lulusan, catatan tentang laporan hasil belajar akan berguna saat siswa akan :
    1. Mencari pekerjaan
      Lapangan kerja akan mengetahui sesuai atau tidaknya bekal pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh lulusan dengan tuntutan pekerjaan yang tersedia.
    2. Mencari kelanjutan studi
      Catatan ini akan berguna untuk memupuk apa yang sudah berhasil pada lembaga sebelumnya, dan mengatasi masalah yang ada, baik yang sudah mencoba untuk diatasi maupun yang belum.
Penting bukan penilaian hasil belajar tersebut, selain sebagai catatan keberhasilan siswa juga sebagai dokumen yang menggambarkan kemampuan siswa sehingga saat mencari pekerjaan maupun melanjutkan pendidikan, siswa akan menjadi jauh lebih berkembang dan mampu bersaing.

Jadi jangan sampai kegiatan belajar mengajar hanya menjadi ajang menggugurkan kewajiban sehingga hak siswa menjadi terabaikan.

Semoga bermanfaat, dan mohon maaf jika terkesan menggurui.
Wassalamu'alaikum...

0 comments:

Post a Comment

Thank you for visiting this blog ...
Please leave at least a comment to improve the quality of this blog.
Thank you very much....