English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Monday, October 08, 2012

Strategi Student Facilitator and Explaining

student facilitator and explaining, metode pembelajaran aktif, active learning
Active Learning
Assalamu'alaikum...
Mayasa©. Menggunakan strategi atau metode pembelajaran yang bervariasi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan menerapkan berbagai strategi atau metode pembelajaran tersebut akan mencegah dan mengurangi kejenuhan siswa dalam mengikuti proses bbelajar mengajar.

Ada berbagai strategi dan metode yang dapat kita jadikan pilihan untuk diterapkan dalam pembelajaran dikelas. Salah satunya adalah strategi Student Facilitator and Explaining yang kali ini saya akan uraikan penerapannya pada mata pelajaran matematika.

A. Strategi Student Facilitator and Explaining
Menurut Warock (2008: 6) strategi student facilitator and explaining merupakan suatu strategi dimana siswa atau peserta mempresentasikan ide atau pendapat pada siswa lainnya. Sehingga dimungkinkan terjadi curah pendapat antara siswa dengan siswa lain.
Langkah–langkah pembelajaran dengan strategi student facilitator and explaining yaitu:
  1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai, 
  2. Guru mendemonstrasikan atau menyajikan materi, 
  3. Memberikan kesempatan siswa atau peserta untuk menjelaskan kepada siswa lainnya baik melalui bagan atau peta konsep maupun yang lainnya, 
  4. Guru menyimpulkan ide atau pendapat dari siswa, 
  5. Guru menjelaskan semua materi yang disajikan pada saat itu dan,
  6. Penutup.
Sedangkan menurut Nyoman G (2008: 8), langkah-langkah pembelajaran dengan strategi student facilitator and explaining adalah penginformasian kompetensi, penyajian materi, siswa mengembangkannya dan menjelaskan lagi ke siswa lainnya, kesimpulan dan evaluasi, serta refleksi.

B. Penerapan Strategi Student Facilitator and explaining 
Penerapan Strategi student facilitator and explaining dalam pembelajaran matematika merupakan suatu langkah untuk mengaktifkan kelas dimana siswa mempresentasikan ide atau pendapatnya pada siswa lainnya.
Langkah-langkah pembelajaran matematika dengan strategi student facilitator and explaining yaitu :
  1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai, 
  2. Guru menyajikan materi, 
  3. Memberikan kesempatan siswa untuk menjelaskan kepada siswa lainnya baik melalui bagan atau peta konsep maupun yang lainnya, 
  4. Guru menyimpulkan ide atau pendapat dari siswa, 
  5. Guru menjelaskan semua materi yang disajikan pada saat itu dan,
  6. Penutup.
Sedangkan tujuan penerapan serta hal-hal yang harus diperhatikan dalam menerapkan strategi tersebut pada mapel Matematika adalah :
  1. Tujuan pembelajaran matematika melalui strategi student facilitator and explaining :
    1. Memiliki keterampilan motorik/gerak, seperti menyampaikan kata-kata, melaksanakan gerak dalam olahraga.
    2. Mengembangkan kecakapan intelek dalam berbicara secara formal, dan melatih pengembangan sosialisasi diri.
    3. Memiliki kemampuan menguntungkan sesuatu keadaan dengan hal lain seperti hubungan interaksi kepada siswa lain dan guru.
  2. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan strategi student facilitator and explaining agar berhasil dan berdaya guna bagi instruktur maupun siswa yaitu:
    1. Tentang sifat-sifat suatu penyampaian materi
      Bahwa setiap penyampaian materi harus selalu jelas pada inti materi itu sendiri serta memperhatikan dan memahami nilai dari materi yang sedang disampaikan
    2. Guru perlu menstimulus kreatifitas siswa
      Dalam mempresentasikan materi kepada siswa lain, dalam persiapannya, guru harus memberikan pengertian dan perumusan tujuan yang jelas bagi siswa sehingga mereka mengerti dan memahami apa tujuan pembelajaran dan bagaimana kaitannya dengan pelajaran lain yang diterimanya. 
Dari sedikit uraian diatas dapat dipahami bahwa guru lebih berperan sebagai penyambung/ fasilitator bagi ide-ide siswa. Sehingga kemampuan guru untuk memotivasi dan mengeksplor potensi siswa sangat berperan dalam keberhasilan penerapan strategi ini.

Semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum...

Daftar Pustaka :
Warock. 2008. Metode Baru dalam Pembelajaran. Di unduh dari www.warock.com tanggal 20 Desember 2009.

0 comments:

Post a Comment

Thank you for visiting this blog ...
Please leave at least a comment to improve the quality of this blog.
Thank you very much....