English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Tuesday, March 26, 2013

Kelebihan Kekurangan Metode Invitation into Inquiry

Assalamu'alaikum...
Mayasa©. Tak terasa sudah lebih dari 2 bulan saya tidak meng-up date blog ini. Nah mumpung lagi ada kesempatan maka kali ini akan saya hidupkan lagi blog ini dan harapannya laman yang sederhana ini akan menjadi semarak lagi. Aamiin...

Artikel ini merupakan editan yang belum tuntas saya kerjakan. Seperti kebanyakan artikel terdahulu yang topiknya mengenai pendidikan maka kali ini pun topiknya tidak jauh dari pendidikan. Yakni tentang kelebihan dan kekurangan metode Invitation into Inquiry.

Kelebihan dan kekurangan Inquiry
Dalam (http://shoimprambudi.wordpress.com/2010/10/18/ strategi-pembelajaran-inkuiri/) dikemukakan kelebihan dan kekurangan metode pembelajaran Inquiry sebagai berikut:

Kelebihan Inquiry meliputi:

  1. Menekankan kepada pengembangan aspek kognitif, afektif dan psikomotor secara seimbang, sehingga pembelajaran melalui strategi ini dianggap lebih bermakna.
  2. Dapat memberikan ruang kepada siswa untuk belajar sesuai dengan gaya belajar mereka.
  3. Sesuai dengan perkembangan psikologi modern yang menganggap belajar adalah proses perubahan.
  4. Dapat melayani kebutuhan siswa yang memiliki kemampuan di atas rata-rata. Artinya siswa yang memiliki kemampuan belajar bagus tidak akan terhambat oleh siswa yang lemah dalam belajar.
Adapun kekurangan inquiry meliputi:
  1. Jika digunakan dalam pembelajaran, maka akan sulit mengontrol kegiatan dan keberhasilan siswa.
  2. Sulit dalam merencanakan pembelajaran karena terbentur dengan kebiasaan siswa dalam belajar.
  3. Memerlukan waktu yang panjang sehingga guru sulit menyesuaikannya dengan waktu yang telah ditentukan.
  4. Selama kriteria keberhasilan belajar ditentukan oleh kemampuan siswa menguasai materi pelajaran, maka akan sulit diimplementasikan oleh setiap guru.
Dari uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa Inquiry dapat mendorong perkembangan aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa secara optimal. Inquiry juga mampu memfasilitasi anak yang berkemampuan tinggi sehingga tidak terhambat oleh temannya yang berkemampuan kurang juga memfasilitasi siswa untuk belajar sesuai dengan gaya belajar masing-masing. Sedangkan kekurangan inquiry yaitu memerlukan waktu yang cukup lama, terbentur pada kebiasaan belajar siswa, dan sulit dalam mengontrol hasil belajar yang dicapai siswa.
Metode Pembelajaran Invitation Into Inquiry
Kerja Kelompok bagian dari Inquiry

Metode pembelajaran Invitation Into Inquiry telah saya terapkan dalam mapel Matematika di Kelas V SD dan hasilnya terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan terlihat antusias siswa juga meningkat. Namun yang masih menjadi masalah adalah alokasi waktu yang tentunya lebih lama dibandingkan penerapan metode konvensional. Selain itu, penerapan metode apapun hendaknya senantiasa diiringai penggunaan media pembelajaran yang sesuai sehingga hasil yang dicapai siswa akan lebih optimal.

Demikianlah uraian mengenai kelebihan dan kekurangan metode Invitation Into Inquiry, semoga bermanfaat dan mohon maaf jika ada kesalahan/ kekurangan.
Wassalamu'alaikum...

Daftar Pustaka :
  1. Prambudi. 2010. Strategi Pembelajaran Inquiry. http://shoimprambudi.wordpress. com/2010/10/18/strategi-pembelajaran-inkuiri/. Diakses tanggal 23 Oktober 2011.

0 comments:

Post a Comment

Thank you for visiting this blog ...
Please leave at least a comment to improve the quality of this blog.
Thank you very much....