English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Monday, September 24, 2012

Indikator dan Faktor-faktor Keaktifan Belajar

Assalamu'alaikum...
Mayasa©. Pada artikel yang lalu telah saya uraikan mengenai hakikat keaktifan belajar. Namun pada artikel tersebut belum saya uraikan faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan belajar dan indikator dari keaktifan belajar tersebut.

Karena itulah maka kali ini saya ingin melengkapi pembahasan keaktifan belajar tersebut melalui sedikit uraian berikut.
  1. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar
    Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dapat dirangsang dan mengembangkan bakat yang dimilikinya, siswa juga dapat berlatih untuk berfikir kritis dan serta dapat memecahkan permasalahan-permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.

    Terdapat faktor-faktor yang dapat mempengaruhi timbulnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Menurut Gagne dan Briggs (dalam Martinis, 2007:84) faktor-faktor tersebut diantaranya :
    1. Memberikan dorongan atau menarik perhatian siswa, sehingga mereka dapat berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran.
    2. Menjelaskan tujuan intruksional (kemampuan dasar kepada siswa).
    3. Mengingatkan kompetensi belajar kepada siswa.
    4. Memberikan stimulus (masalah,topik dan konsep yang akan dipelajari).
    5. Memberi petunjuk kepada siswa cara mempelajarinya.
    6. Memunculkan aktivitas, partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran.
    7. Memberi umpan balik (feed back)
    8. Melakukan tagihan-tagihan kepada siswa berupa tes, sehingga kemampua siswa selalu terpantau dan terukur.
    9. Menyimpulkan setiap materiyang disampaikan di akhir pelajaran.

  2. Indikator keaktifan belajar siswa
    Menurut Erna (dalam http://ardhana12.wordpress.com/2009/01/20/indikator-keaktifan-siswa-yang-dapat-dijadikan-penilaian-dalam-ptk-2/) keaktifan belajar siswa dapat dilihat dari:
    1. Perhatian siswa terhadap penjelasan guru
    2. Kerjasamanya dalam kelompok
    3. Kemampuan siswa mengemukakan pendapat dalam kelompok ahli
    4. Kemampuan siswa mengemukakan pendapat dalam kelompok asal
    5. Memberi kesempatan berpendapat kepada teman dalam kelompok
    6. Mendengarkan dengan baik ketika teman berpendapat
    7. Memberi gagasan yang cemerlang
    8. Membuat perencanaan dan pembagian kerja yang matang
    9. Keputusan berdasarkan pertimbangan anggota yang lain
    10. Memanfaatkan potensi anggota kelompok
    11. Saling membantu dan menyelesaikan masalah

    Sedangkan Paul D. Deirich (dalam Hamalik, 2007) menyatakan bahwa indikator keaktifan belajar siswa berdasarkan jenis aktivitasnya dalam proses pembelajaran yaitu sebagai berikut:
    1. Kegiatan visual (visual activities), yaitu membaca, memperhatikan gambar, mengamati demonstrasi atau mengamati pekerjaan orang lain.
    2. Kegiatan lisan (oral activities), yaitu kemampuan menyatakan, merumuskan, diskusi, bertanya atau interupsi.
    3. Kegiatan mendengarkan (listening activities), yaitu mendengarkan penyajian bahan, diskusi atau mendengarkan percakapan.
    4. Kegiatan menulis (writing activities), yaitu menulis cerita, mengerjakan soal, menyusun laporan atau mengisi angket.
    5. Kegiatan menggambar (drawing activities), yaitu melukis, membuat grafik, pola, atau gambar.
    6. Kegiatan emosional (emotional activities), yaitu menaruh minat, memiliki kesenangan atau berani.
    7. Kegiatan motorik (motor activities), yaitu melakukan percobaan, memilih alat-alat atau membuat model.
    8. Kegiatan mental, yaitu mengingat, memecahkan masalah, menganalisis, melihat hubungan-hubungan atau membuat keputusan.
    Melalui indikator aktivitas belajar tersebut, guru dapat menilai apakah siswa telah melakukan aktivitas belajar yang diharapkan atau tidak. 
Semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum...

Daftar Pustaka :
  1. Erna, 2009. Indikator Keaktifan Siswa. http://ardhana12.wordpress.com/2009/01/20/indikator-keaktifan-siswa-yang-dapat-dijadikan-penilaian-dalam-ptk-2/
  2. Martinis Yamin, 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta. Gaung Persada Press dan Center for Learning Innovation (CLI).

0 comments:

Post a Comment

Thank you for visiting this blog ...
Please leave at least a comment to improve the quality of this blog.
Thank you very much....