English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Tuesday, October 09, 2012

Metode Guided Note Taking

Assalamu'alaikum...
Mayasa©. Pembelajaran aktif atau active learning bertujuan untuk mengaktifkan kelas bukan hanya melalui keaktifan siswa secara fisik, namun juga keaktifan mental. Salah satu metode yang masuk dalam active learning adalah metode Guided Note Taking. Dari pengalaman saya, metode ini cukup ampuh untuk mengaktifkan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Perhatian siswa juga dapat terfokus pada materi yang kita ajarkan.

Nah jika anda penasaran, maka silahkan anda simak uraian selengkapnya.

Pengertian Metode Guided Note Taking
Strategi mempunyai pengertian suatu garis haluan untuk bertindak dalam usaha mencapai sasaran yang telah ditentukan. Dihubungkan dengan belajar mengajar, strategi bisa diartikan sebagai pola-pola umum kegiatan guru dengan peserta didik dalam mewujudkan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan (Syaiful Bahri, 2002: 5).

Beberapa istilah kadang dianggap memiliki makna yang sama diantaranya:

  1. Pendekatan adalah cara umum memandang objek kajian.
  2. Strategi adalah segala ilmu/kiat dalam memanfaatkan sumber untuk mencapai tujuan.
  3. Metode adalah cara umum yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  4. Teknik adalah ragam khas dalam penerapan metode tertentu.
  5. Prodedur adalah seperangkat langkah kegiatan dalam mencapai tujuan.
Metode adalah suatu cara yang dipergunakan untuk mencapai yang telah ditetapkan (Syaiful Bahri, 2002: 23). Dalam proses pembelajaran guru harus mampu menerapkan berbagai metode pembelajaran yang bervariasi karena siswa memiliki berbagai macam tipe belajar yang berbeda-beda. Sehingga peranan metode sangat penting dalam proses pembelajaran.

guided note taking, metode pembelajaran aktif, active learning,
Guru memfasilitasi diskusi Siswa
Metode pembelajaran didefinisikan sebagai cara yang digunakan guru, yang dalam menjalankan fungsinya merupakan alat untuk mencapai tujuan pembelajaran (Hamzah B. Uno, 2007: 2).
Sedangkan menurut Kozna (dalam Uno, 2007: 1) menjelaskan bahwa, ”metode pembelajaran dapat diartikan sebagai setiap kegiatan yang dipilih yaitu yang dapat memberikan fasilitas atau bantuan kepada peserta didik menuju tercapainya tujuan pembelajaran tertentu”.

Guided note taking dalam bahasa Inggris, yang artinya catatan terbimbing. Siswa belajar dari catatan atau rangkuman materi yang telah diajarkan dengan bimbingan guru.

Metode guided note taking adalah suatu metode yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan cara guru menyiapkan bagan/skema atau yang lain yang dapat membantu siswa dalam membuat catatan-catatan sesuai materi yang telah disampaikan, ada banyak bentuk atau pola yang dapat dilakukan untuk strategi ini salah satunya yang paling sederhana adalah mengisi titik-titik (Silberman, 2009: 108).

Itulah pengertian metode Guided Note Taking. Dari apa yang telah diuraikan diatas, sedikit banyak dapat kita tangkap bahwa metode ini menggunakan catatan yang beberapa bagiannya berupa titik-titik untuk diisi siswa. Dengan demikian siswa harus fokus dan berkonsentrasi terhadap materi yang dijelaskan guru untuk dapat melengkapi titik-titik tersebut.

Untuk langkah-langkah pembelajaran serta kelebihan-kekurangan metode guided note taking akan saya sambung lain kesempatan.
Terima kasih sudah berkunjung.
Wassalamu'alaikum...

Dapust:
Mel, Silberman. 2009. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Madani

0 comments:

Post a Comment

Thank you for visiting this blog ...
Please leave at least a comment to improve the quality of this blog.
Thank you very much....