English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Saturday, October 27, 2012

Unsur-unsur Pendekatan SETS

Assalamu'alaikum...
Mayasa©. Hakikat dan tujuan pembelajaran SETS adalah agar melalui pembelajaran ini dapat membuat siswa mengerti unsur-unsur utama SETS serta keterkaitan antar unsur-unsur tersebut pada saat mempelajari sains. Dengan kata lain, diperlukan pemikiran yang kritis untuk mempelajari setiap elemen SETS dengan memperhatikan berbagai hubungan unsur-unsur SETS tersebut.

Topik yang merupakan pokok bahasan paling aktual dan sesuai dengan subjek yang sedang dipelajari haruslah merupakan pilihan utama bagi guru. Topik-topik terpilih dapat merupakan bahasan konsep sains yang berkaitan dengan teknologi dan lingkungan yang sesuai dengan topik sains yang perlu diajarkan. Akan tetapi, tergantung pada perhatian sesaat menyarakat, fokus perhatian itu akan dapat berubah-ubah dari masa ke masa. Oleh sebab itu, dapat saja pada saat tertentu pusat perhatian pada sains, pada lingkungan, pada teknologi atau kepada kepentingan masyarakat.

Dari topik-topik inilah yang akan menentukan unsur mana dari SETS tersebut yang perlu atau sedang diberi perhatian khusus pada saat itu. Akan tetapi secara keseluruhan ,keempat unsur SETS tersebut akan selalu menyatu dan tidak terpisahkan dalam pembelajaran. Misalkan yang menjadi pusat perhatian pada masa ini adalah lingkungan, maka lingkungan diungkapkan sebagai pusat perhatian.

Keterkaitan keempat unsur-unsur SETS dapat dilihat pada gambar berikut:

pendekatan SETS, SETS, pendekatan pembelajaran SETS, Sains Teknologi Masyarakat, Salingtemas
Pada gambar tersebut terlihat bahwa, unsur-unsur SETS menggambarkan dominasi setara antara Sains, Lingkungan, Teknologi dan Masyarakat.

Pada keadaan tertentu seperti misalnya, India dan Pakistan saling bersaing dalam kemampuan mengendalikan senjata nuklir, maka pada masa itu fokus perhatian lebih pada teknologi, bukan pada lingkungan, sains atau masyarakat. Maka gambaran keterkaitan antara sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

pendekatan SETS, SETS, pendekatan pembelajaran SETS, Sains Teknologi Masyarakat, Salingtemas

Pada gambar ini terlihat unsur teknologi digambarkan berada di tengah sebagai ungkapan atau pernyataan bahwa perhatian utama masyarakat pada masa tersebut adalah bidang teknologi.

Jika perhatian pada keadaan perekonomian yang gawat seperti yang terjadi disejumlah negara. Maka perhatian utama, masyarakat tentu akan tertumpu pada kepentingan masyarakat. Dalam arti untuk kondisi semacam itu masalah sains dan teknologi dikesampingkan hingga unsur masyarakat mendapat keutamaan. Dalam keadaan semacam ini, maka keterkaitan antara unsur-unsur SETS dapat ditampilkan seperti gambar

pendekatan SETS, SETS, pendekatan pembelajaran SETS, Sains Teknologi Masyarakat, Salingtemas

Pada keadaan tertentu atau situasi tertentu kita memberi perhatian lebih besar kepada bidang sains. Pada saat itu seolah-olah sains menjadi primadona dari segalanya, maka fokus perhatian pada pembelajaran adalah sains. Dalam keadaan semacan ini, maka keterkaitan antara unsur-unsur SETS dapat ditampilkan seperti gambar
pendekatan SETS, SETS, pendekatan pembelajaran SETS, Sains Teknologi Masyarakat, Salingtemas

Dengan meletakkan sains sebagai fokus perhatian, seperti yang biasa dilakukan dalam kegiatan pengajaran sains, maka guru sains serta para siswa yang menghadapi pelajaran sains dapat dibawa melihat bentuk keterkaitan sebenarnya dari ilmu yang dipelajarinya (sains) dikaitkan dengan unsur lain dalam SETS.

Seperti yang diungkapkan di atas, bahwa masing-masing unsur SETS itu saling terkait, maka dalam pengajaran sains seharusnya guru dan siswa dapat mengambil berbagai contoh serta fakta yang ada atau kemungkinan fakta yang dapat dikaitkan secara terpadu dalam pengenalan atau pembelajaran konsep sains yang dihadapi sesuai dengan tujuan pengajaran dan pada saat memungkinkan siswa mengembangkan diri berdasarkan pengetahuan yang dipelajari tersebut.

Jangan hanya memberi perhatian lebih terhadap sains. Tanpa memperhatikan konteks SETS, tidak tertutup kemungkinan bahwa arah kegiatan sains yang mereka lakukan itu sepenuhnya memfokus pada entitas sains itu sendiri (dengan kemungkinan gerak ke arah teknologi) tanpa memikirkan dampaknya pada masyarakat ataupun lingkungan. Akan tetapi apabila ketekunan mereka di bidang sains tersebut selalu dikaitkan dengan unsur lain dalam SETS secara terintegratif dan bertanggung jawab, maka kesejahteraan kehidupan di muka bumi itulah yang dapat kita peroleh. (Nono Sutanto,2007:24-27)

Dengan memperhatikan unsur-unsur SETS diatas, maka tujuan pendidikan akan dapat dicapai dengan lebih optimal. Selain itu, penerapan pendekatan SETS yang optimal dapat mengakomodasi ketrampilan siswa dalam menerapkan pengetahuannya dalam kehidupan sehari-hari siswa.

Wassalamu'alaikum...

Sumber :
Sutarno, Nono. 2007. Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

0 comments:

Post a Comment

Thank you for visiting this blog ...
Please leave at least a comment to improve the quality of this blog.
Thank you very much....