English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Thursday, September 13, 2012

Pengertian Matematika

Assalamu'alaikum...
Mayasa©. Tidak dapat dipungkiri, Matematika merupakan salah satu bidang studi yang memegang peranan penting baik di dalam kehidupan sehari-hari maupun di dunia pendidikan. Hal ini dapat dilihat dalam kegiatan perdagangan, ekonomi, dan teknologi. Meskipun seperti yang telah kita ketahui bersama, Matematika umumnya dianggap sebagai pelajaran yang sangat menakutkan. Ini bukan isapan jempol, sebab sebagian dari kita mempunyai pendapat yang sama. 

Namun saya yakin baru sebagian dari kita yang mengetahui pengertian Matematika. Maka kali ini saya ingin sedikit share mengenai pengertian Matematika setelah pada postingan lalu saya menguraikan mengenai hakikat Matematika.

Kita mulai dari Wikipedia :
Matematika (dari bahasa Yunani: μαθηματικά - mathēmatiká) adalah studi besaran, struktur, ruang, dan perubahan. Para matematikawan mencari berbagai pola, merumuskan konjektur baru, dan membangun kebenaran melalui metode deduksi yang kaku dari aksioma-aksioma dan definisi-definisi yang bersesuaian.

Berikut ini adalah beberapa definisi Matematika tersebut:
1) Matematika adalah cabang ilmu pengetahuan eksak dan terorganisir secara sistematis.
2) Matematika adalah pengetahuan tentang bilangan dan kalkulasi.
3) Matematika adalah pengetahuan tentang penalaran logik dan berhubungan dengan bilangan.
4) Matematika adalah pengetahuan tentang fakta-fakta yang kuantitatif dan masalah tentang ruang dan bentuk.
5) Matematika adalah pengetahuan tentang struktur-struktur yang logika.
6) Matematika adalah pengetahuan tentang aturan-aturan yang kotak.

Menurut Johson dan Myklebust dalam Mulyono (2003: 252) matematika adalah bahasa simbolis yang fungsi praktisnya untuk mengekspresikan hubungan-hubungan kuantitatif dan keruangan sedang fungsi teoritisnya adalah untuk memudahkan berfikir.

Menurut Kline (Mulyono Abdurrahman, 2003: 252) ” Matematika adalah bahasa simbolis dan ciri utamanya adalah penggunaan cara bernalar deduktif, tetapi yang juga tidak melupakan cara bernalar induktif ”.
Dari pengertian-pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa matematika adalah cabang ilmu pengetahuan eksak yang mempelajari tentang bilangan dan penalaran logika, ruang dan bentuk.

Dapat dipahami juga bahwa prestasi belajar matematika adalah keberhasilan yang telah dicapai oleh siswa setelah melalui suatu proses belajar matematika yang ditunjukkan kecakapan (kemampuan) dalam menguasai materi pelajaran matematika.

Sangat penting bukan matematika untuk kehidupan kita. Jadi, apakah masih layak kita tajut pada matematika?

Wassalamu'alaikum...

Daftar Pustaka :
Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

http://id.wikipedia.org/wiki/Matematika

0 comments:

Post a Comment

Thank you for visiting this blog ...
Please leave at least a comment to improve the quality of this blog.
Thank you very much....