English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Thursday, May 10, 2012

Metode Numbered Head Together (NHT)

Assalamu’alaikum…

Mayasa©. Setelah saya mengulas kajian teori skripsi teman-teman MAYASA™ mulai dari Nuraini dan Yustina, Agung serta Mas Ipin, sekarang giliran kajian teori dari metoNHTde pembelajaran yang digunakan Muhamad AKJ untuk menyusun skripsinya. 

Dari judul yang tertulis diatas pasti anda ketahui bahwa mas AKJ menggunakan metode NHT atau Numbered Head Together. Saya yakin sudah banyak blog atau buku yang mengulas metode tersebut, namun tak ada salahnya bukan mengulasnya kembali disini, sekalian nostalgia saja bila mas AKJ kebetulan mampir ke blog ini hehe (ngarep mode_on).

Pada pembahasan metode NHT akan kita mulai dengan membahas pengertian metode terlebih dahulu, kemudian pengertian metode NHT selanjutnya langkah-langkahnya serta kelebihan kekurangan metode NHT tersebut.

1. Pengertian Metode
Pengertian metode menurut Samino (2009: 50) metode adalah cara atau prosedur sebagai petunjuk serta tahapan-tahapan yang harus dilalui sebagai penentu dan pendukung dalam manajemen pendidikan, hal ini termasuk metode dalam proses belajar mengajar (PBM). Sehingga dari hal ini kita katahui bahwa metode adalah suatu cara.
Menurut Slameto (2003: 65) metode mengajar adalah suatu cara atau jalan yang harus dilalui di dalam mengajar. Dari hal ini, maka metode bisa berupa cara atau jalan melakukan sesuatu untuk mendapatkan apa yang ingin dicapai.
Dari berbagai pendapat di atas dapat dianalisis yang ternyata mempunyai unsur yang sama yaitu, cara. Sehingga dapat di simpulkan bahwa metode adalah suatu cara dan tahapan-tahapan yang harus dilalui untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

2. Metode Numbered Head Together (NHT).
Menurut Trianto (2007: 62-63) Numbered Head Together (NHT) atau Penomeran berfikir bersama adalah jenis pembelajaran kooperatifNHT yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan sebagai alternatif terhadap struktur kelas tradisional. Numbered Head Together (NHT) pertama kali dikembangkan oleh Spenser Kagen untuk melibatkan lebih banyak siswa dalam menelaah materi yang mencangkup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tersebut.

Number Heads Together (NHT) adalah suatu model pembelajaran yang lebih mengedepankan kepada aktivitas siswa dalam mencari, mengolah, dan melaporkan informasi dari berbagai sumber yang akhirnya dipresentasikan di depan kelas. (http://rumahdesakoe.blogspot.com/2011/05/model-pembelajaran-numbered-heads.html)

3. Langkah-langkah metode Numbered Head Together (NHT)
Adapun langkah-langkah pembelajaran dengan metode Numbered Head Together adalah sebagai berikut :
  1. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok dan masing-masing siswa dalam setiap kelompoknya mendapatkan nomor urut.
  2. Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakan permasalahan.
  3. Kelompok memutuskan jawaban yang dianggap paling benar dan memastikan setiap anggota kelompok mengetahui jawaban ini.
  4. Guru memanggil salah satu nomor dan siswa yang bernomor tersebut melaporkan hasil kerja kelompok.
  5. Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain.
  6. Kesimpulan (http://rumahdesakoe.blogspot.com/2011/05/model-pembelajaran-numbered-heads.html)
4. Kelebihan dan kekurangan metode Numbered Head Together (NHT)
  1. Kelebihan metode Numbered Head Together (NHT) sebagai berikut :
    1. Setiap siswa menjadi siap semua.
    2. Dapat melakukan diskusi dengan sungguh-sungguh.
    3. Siswa yang pandai dapat mengajari siswa yang kurang pandai.
    4. Tidak ada siswa yang mendominasi dalam kelompok.
  2. Kelemahan metode Numbered Head Together (NHT) sebagai berikut :
    1. Kemungkinan nomor yang dipanggil, dipanggil lagi oleh guru.
    2. Tidak semua anggota kelompok dipanggil oleh guru. (http://matematika-ipa.com/model-pembelajaran-cooperatif-learning-tipe-nht/)
Yups sekian pembahasan mengenai metode pembelajaran NHT yang digunakan mas AKJ dalam menyusun skripsinya. Btw saya juga pernah menerapkan metode tersebut dalam pembelajaran dan hasilnya lumayan menggembirakan juga coz selain siswa menjadi berkonsentrasi karena semua mempunyai kesempatan yang sama untuk ditunjuk, siswa juga menjadi lebih bersemangat mengikuti pembelajaran agar saat nomornya ditunjuk siswa telah siap.
So, selamat mencoba dan semoga sukses.

Wassalamu’alaikum…
GURU KREATIF, INDONESIA SEJAHTERA.
TRUST ME, IT’S WORK….!!!

Daftar Pustaka :

0 comments:

Post a Comment

Thank you for visiting this blog ...
Please leave at least a comment to improve the quality of this blog.
Thank you very much....