English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Wednesday, May 02, 2012

SHAUN THE SHEEP

Assalamu'alaikum....
Mayasa©. Tadi habis keliling nyari sesuatu yang menarik buat bahan postingan besok. Iseng-iseng nanya SHAUN THE SHEEP ama mbah Google, eh malah ketemu thread yang bahas mengenai cara pembuatan serial Shaun The Sheep tersebut.
Teman-teman tahu Shaun The Sheep-kan??
Atau bahkan anda termasuk salah satu penggemarnya seperti saya hehe..
Ya, Shaun The Sheep yang menceritakan tingkah laku sekelompok domba yang konyol namun cerdik memang menarik untuk disimak.

Dulu adik ipar saya pernah mengatakan bahwa Shaun The Sheep bukan animasi seperti yang biasa kita tonton, semisal Dora, Spongebob, Detective Conan atau Dragon Ball. Namun Shaun The Sheep merupakan serial yang dibuat dari sejenis malam/ plastisin yang ditata sedemikian rupa sehingga membentuk suatu adegan. Nah kebayang bukan bagaimana susahnya T_T

Tapi bener gak ya pendapat tersebut??
Dari pada penasaran, lebih baik kita simak saja thread yang saya temukan tadi...

Shaun the Sheep merupakan animasi buatan negerinya Lady Diana, pembuatnya adalah Nick Park dan diproduksi oleh Aardman Animations. Shaun the Sheep mulai ditayangkan pada Maret 2007 oleh CBBC di Inggris. Animasi yang menghadirkan boneka-boneka domba lilin pertama kali muncul pada 1995, berbagai perubahan dilakukan sampai akhirnya hadirlah Shaun the Sheep.

Animasi ini sudah diproduksi sampai 3 Seri, pada tahun 2007-2008, 2008-2009, dan sekarang 2009-2010. Shaun the Sheep ini menceritakan domba-domba cerdas yang bertingkah laku layaknya manusia, sering berperilaku konyol, lucu, kreatif sehingga sangat menarik untuk disaksikan. Shaun the Sheep mengkombinasikan slapstik dan classic silent comedy, sehingga tidak akan anda temukan percakapan yang berarti antar karakter, mirip serial Mr.Bean.

Karakter Utama
  1. Shaun
    Pemimpin dari gerombolan domba-domba, merupakan karakter utama. Dia pintar, keren dan selalu memiliki ide-ide yang kreatif berbeda dengan domba-domba yang lain yang terkadang oon. 
  2. Bitzer
    Sahabat Shaun, merupakan anjing penjaga di perternakan. Bitzer selalu berusaha sebaik mungkin untuk menjaga teman-temannya yakni para domba yang nakal keluar dari kesulitan. Anjing ini juga kurang cerdas jika dibandingkan dengan shaun tapi inilah yang membuat cerita animasi ini semakin menarik.
  3. Shirley
    Domba yang berukuran paling besar, sering dijadikan alat oleh teman-temannya jika membutuhkan sesuatu atau untuk menghabiskan makanan maupun benda-benda lainnya. Pada salah satu episode, diceritakan Shirley yang sudah overweight dipaksa untuk diet oleh teman-temannya dan akhirnya sukses. Namun sayang kerja keras Shaun dan teman-temannya hanya bertahan beberapa detik karena begitu Shirley makan pai, ukuran tubuhnya langsung membengkak kembali.
  4. Timmy
    Merupakan domba yang paling muda. Karena dia masih bayi, dia suka melakukan hal-hal layaknya bayi, main hajar, kadang kelempar sana-sini. Untung ada ibunya Timmy dan teman-temannya yang selalu menjaganya.
Proses Pembuatan

Nah sampai neh pada proses pembuatan, bener tidak ya penjelasan saya diatas tadi....




Nah gambar-gambar tersebut menunjukkan bahwa ternyata Shaun The Sheep memang terbuat dari sejenis malam/ plastisin seperti yang saya sebutkan diatas. Untuk membentuk adegan, patung-patung hewan tersebut dibuat dan ditata sedemikian rupa sesuai dengan cerita yang ingin ditampilkan.

Yang membuat saya tertarik dengan serial Shaun The Sheep tersebut bukan hanya pada cerita yang dibawakan namun lebih pada pelajaran yang dapat kita ambil dengan menonton serial tersebut.
Misalnya rasa kasih sayang dan kebersamaan yang terjalin antara domba-domba tersebut dengan anjing penjaga serta dengan majikannya.
Kemudian seribu akal yang diperlihatkan oleh Shaun menunjukkan bahwa tidak ada yang tidak mungkin selama kita mau berusaha.
Yang patut disayangkan adalah jam tayang serial tersebut, yakni antara adzan Magrib dan jam belajar anak.
Harapannya kedepan jam tayang Shaun The Sheep atau acara anak yang lain diatur agar tidak mengganggu waktu ibadah dan belajar anak.
Semoga..

Wassalamu'alaikum...
Source

Bonus 

0 comments:

Post a Comment

Thank you for visiting this blog ...
Please leave at least a comment to improve the quality of this blog.
Thank you very much....