Mayasa©. Alhamdulilah masih bisa mengupdate blog ini. Seperti biasa saya ingin menampilkan materi yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar. Jika pada postingan yang lalu saya lebih banyak menyinggung mengenai metode atau model pembelajaran, maka kali ini saya akan membahas mengenai media pembelajaran, khususnya media SEQIP.
Materi mengenai media SEQIP saya dapatkan dari Arifin, karena penelitian yang dilakukannya bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dengan media SEQIP.
Apa itu media SEQIP, bagaimana pengaplikasiannya dalam pembelajaran akan saya kupas disini. Jadi silahkan anda simak...
- Pengertian Media Menurut Husein Ahmad (1981:102) media pendidikan pengertiannya identik dengan keperagaan. Pengertian keperagaan berasal dari kata “raga” yang berarti suatu benda yang dapat diraba, dilihat, didengar dan yang dapat diamati melalui inderakita. Menurut Umar H. Malik (1994:6), media pembelajaran adalah “Alat, metode, teknik yang dipergunakan dalam rangka mengefektifkan interaksi dan komunikasi antar guru dengan siswa dan proses pembelajaran di sekolah. Selanjutnya ditegaskan oleh Purnamawati dan Eldarni (2001 : 4, dalam http://media-grafika.com/pengertian-media-pembelajaran) yaitu “media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa sedemikian rupa sehingga terjadi proses belajar”. Sedangkan pengertian media menurut Djamarah (1995 : 136, dalam http://media-grafika.com/pengertian-media-pembelajaran) adalah “media adalah alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai Tujuan pembelajaran”. Penggolongan media pembelajaran menurut Gerlach dan Ely yang dikutip oleh Rohani ( 1997 : 16 , dalam http://media-grafika.com/pengertian-media-pembelajaran) yaitu :
- Gambar diam, baik dalam bentuk teks, bulletin, papan display, slide, film strip, atau overhead proyektor.
- Gambar gerak, baik hitam putih, berwarna, baik yang bersuara maupun yang tidak bersuara.
- Rekaman bersuara baik dalam kaset maupun piringan hitam.
- Televisi
- Benda – benda hidup, simulasi maupun model.
- Instruksional berprograma ataupun CAI (Computer Assisten Instruction).
- Pengertian SEQIP (Science Education Quality Improvement Project) SEQIP (Science Education Quality Improvement Project) atau proyek peningkatan mutu pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam di sekolah dasar dengan menekankan penggunakan strategi dan metode- metode pembelajaran interaktif dengan berbagai sumber belajar. Media SEQIP membantu guru IPA agar dapat mempersiapkan pembelajaran dengan lebih mudah dan lebih tepat serta dapat melaksanakan secara optimal sehingga tercipta suatu situasi pembelajaran IPA yang menyenangkan, aktif, kreatif dan efektif. Sistem peralatan pembelajaran SEQIP dirancang untuk sekolah dasar dan terdiri dari tiga bagian (team konsultan SEQIP :15):
- Kit Murid (KM)
- Pengertian KIT Murid
Kit murid adalah alat peraga untuk percobaan yang dilaksanakan oleh siswa sendiri dalam kelompok-kelompok kecil. Tujuan dari SEQIP adalah memungkinkan percobaan dan kegiatan siswa yang mendukung pembelajaran yang berpusat pada siswa mendukung pembelajaran yang berpusat pada siswa. - Alat yang digunakan adalah KIT listrik yang berisi:
- Batu batere
- Pemegang batere
- Kabel hitam dan merah
- Konektor
- Saklar
- Pemegang lampu
- Lampu
- Cara penggunaan KIT listrik
- Pada rangkaian Seri
Urutan penggunaan dan perakitan KIT Listrik untuk rangkaian seri adalah sebagai berikut:
- Pasang pemegang batere ke pasak penghubung pada papan dasar
- Pasang pemegang bola lampu yang sudah berisi lampu ke sisi kiri papan dasar.
- Pasang pemegang bola lampu yang sudah berisi lampu ke sisi kanan papan dasar.
- Pasang kabel konektor untuk menghubungkan kedua lampu tersebut dengan menggunakan kabel berwarna merah,
- Pasang saklar pada katup positif batere ( di sisi kanan ),
- Hubungkan antara lampu dengan saklar dan antara saklar dengan batere katup positif dengan menggunakan kabel berwarna merah
- Hubungkan lampu (di sisi kiri ) dengen katup negative pada batere dengan menggunakan kabel berwarna hitam
- Pada rangkaian paralel
Urutan penggunaan dan perakitan KIT Listrik untuk rangkaian paralel adalah sebagai berikut:
- Pasang pemegang batere ke pasak penghubung pada papan dasar
- Pasang pemegang bola lampu yang sudah berisi lampu ke sisi kiri papan dasar ( Lampu A ).
- Pasang pemegang bola lampu yang sudah berisi lampu ke sisi kanan papan dasar ( LAmpu B ).
- Pasang dua buah saklar pada katup positif batere yang dihubungkan pada lampu A dan lampu B
- Hubungkan antara lampu dengan saklar dan antara saklar dengan batere katup positif dengan menggunakan kabel berwarna merah
- Hubungkan lampu dengen katup negative pada batere dengan menggunakan kabel berwarna hitam
- Pelaksanaan dalam kelas
Pelaksanaan di kelas dilaksanakan secara kelompok, siswa diminta untuk merangkai rangkaian seri dan paralel, kemudian melakukan percobaan dan pangamatan sebagai berikut : - Pada rangkaian seri
- Amatilah lampu tersebut, jika saklar dihubungkan, lampu manakah yang akan menyala?
- Jika saklar tersebut diputus, lampu manakah yang akan padam.
- Jika salah satu lampu diambil, bagaimana reaksi pada lampu yang lain?
- Pada rangkaian paralel
- Amatilah lampu tersebut, jika saklar A dihubungkan, lampu manakah yang akan menyala?
- Jika saklar A tersebut diputus, lampu manakah yang akan padam.
- Jika salah satu lampu diambil, bagaimana reaksi pada lampu yang lain?
- Kit Guru (KG)
- Pengertian KIT Guru
Kit guru adalah alat peragaan yang digunakan oleh guru dalam peragaan.Tujuan dari KIT guru adalah untuk mempermudah guru dalam menyampaikan materi, sehingga materi yang disampaikaan akan kelihatan kontekstual.
Rencana pelaksanaan penggunaan KIT Guru dilaksanakan pada siklus pertama pertemuan 1 dan 2. - Alat yang digunakan adalah SEQIP Kit IPA yang terdiri dari :
- Papan peragaan
- Batu batrei
- Pemegang batere
- Kabel hitam dan merah
- Konektor
- Saklar
- Pemegang lampu
- Lampu
- Buku panduan
Adalah buku petunjuk perakitan untuk percobaan-percobaan yang dirakit sendiri (Buku Percobaan IPA) dengan menggunakan barang atau bahan yang ditemukan dilingkungan tempat tinggal siswa atau yang berada dalam KIT tersebut, buku pedoman terdiri dari : - Buku IPA Guru
- Buku percobaan IPA untuk murid SD
- Buku petunjuk perakitan, pemeliharaan dan perbaikan
Penggunaan media sangat membantu siswa |
Demikianlah ulasan mengenai media SEQIP dalam pembelajaran IPA yang digunakan oleh Arifin dalam penelitiannya. Tentunya penggunaan media yang sesuai sangat penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, karena dengan media siswa dapat terfasilitasi untuk lebih memahami materi yang dipelajari.
Jadi, sebaiknya guru senantiasa menggunakan media pembelajaran dalam setiap kegiatan belajar mengajar.
Semoga bermanfaat dan wassalamu'alaikum...
Ikuti lomba blog yang diselenggarakan dalam rangka menyambut Indonesia Car Lifestyle Award 2012.
ReplyDeleteDapatkan kesempatan untuk mendapatkan hadiah dengan total 10jt!
Pemenang I: Uang Tunai Rp. 5.000.000,-
Pemenang II: Uang Tunai Rp. 3.500.000,-
Pemenang III: Uang Tunai Rp. 1.500.000,-
visit: http://bosmobil.com/icla/
@Agung...
ReplyDeleteTerimakasih bro udah mampir..
Wah sebenarnya tertarik neh buat ikut, tp belum pede buat nyusun artikel review,hehe..
apa judul bukunya? saya lagi butuh banget butuh tersebut.
ReplyDelete