English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Tuesday, May 08, 2012

Bangunan Miring Selain PISA

Assalamu'alaikum...
Menara Miring Pisa
Mayasa©. Mungkin yang kita tahu selama ini julukan menara yang miring telah disematkan pada menara Pisa di Italia. Yak, menara miring Pisa (Bahasa Italia: Torre pendente di Pisa atau disingkat Torre di Pisa) adalah sebuah campanile atau menara lonceng katedral di kota Pisa, Italia.

Menara Pisa sebenarnya dibuat agar berdiri secara vertikal seperti menara lonceng pada umumnya, namun mulai miring tak lama setelah pembangunannya dimulai pada Agustus 1173. Ia terletak di belakang katedral dan merupakan bangunan ketiga Campo dei Miracoli (lapangan pelangi) kota Pisa.

Menara yang telah diterima UNESCO sebagai situs warisan dunia tersebut sangat terkenal karena bangunannya yang tidak berdiri tegak.

Namun tahukah anda bahwa selain menara Pisa ada beberapa menara yang juga tidak berdiri tegak?
Nah berikut ini adalah 7 bangunan miring selain menara Pisa di Italia tersebut...

1. MENARA MIRING SUURHUSEN


Suurhusen adalah sebuah desa di utara Emden di wilayah Jerman, Frisia Timur. desa ini memiliki sekitar 1200 penduduk dan dikelola secara administratif oleh kotamadya Hinte. Menara dari gereja Suurhusen, yang cenderung menyudut pada kemiringan 5,19 derajat, adalah menara yang paling miring di dunia, diakui secara resmi oleh Guinness Book of World Records sejak tahun 2007

2. MENARA MIRING LIUZHOU


Menara Miring di Liuzhou – berada di daerah otonomi Guangxi Zhuang di selatan Cina. Sebuah menara lonceng yang miring di daerah pemukiman di Liuzhou. Pembongkaran menara sebelumnya gagal membuatnya miring.

3. MENARA MIRING HULUDAO


“Menara Miring Pisa” dari Cina – Dibangun di jaman Dinasti Liao, menara miring di Huludao, timur laut provinsi Liaonin di Cina ini hampir 10 meter tingginya dan memiliki kecenderungan miring 12 derajat ke arah timur laut. Menara ini telah mengalami kerusakan akibat berbagai gempa dan banjir, tapi tetap utuh.

4. MENARA MIRING MADRID


Menara Miring Madrid, Spanyol – Berdiri sebagai dua bangunan yang paling mengesankan, menara ‘Gerbang ke Eropa’, dianggap sebagai bangunan modern miring tinggi pertama di dunia (115 m masing-masing). Dibangun pada tahun 1996 oleh Philip Johnson dan John Burgee dengan kemiringan 15 derajat.

5. MENARA MIRING BARCELONETA


masih di Spanyol, kali ini di Barcelona Menara Miring Barceloneta-sedikit lebih modern seperti bangunan menara, terbuat dari kubus yang dimiringkan di pantai Barceloneta.

6. MENARA MIRING TORUN


Menara Miring di Torun, Polandia – jelas lebih kecil daripada yang di Pisa, Menara Torun adalah menara Romawi sederhana yang mulai miring setelah pembangunannya selesai karena dibangun diatas tanah yang tidak stabil.

7. MENARA MIRING SHIRAZ


Menara Miring Shiraz – Benteng Karimkhan dari Shiraz, Iran – menara ini dibangun selama dinasti Zand dan dinamai Karim Khan, dan berfungsi sebagai tempat tinggal. Bentuknya menyerupai benteng dari abad pertengahan.

Yups, itulah beberapa bangunan miring yang ada didunia.
Semoga menghibur, wassalamu'alaikum....

0 comments:

Post a Comment

Thank you for visiting this blog ...
Please leave at least a comment to improve the quality of this blog.
Thank you very much....