English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Wednesday, September 05, 2012

Raden Arjuna

Raden Arjuna, Pandhawa, JanakaAssalamu'alaikum...
Mayasa©. Menyambung uraian mengenai keluarga Pandhawa. Dimana pada postingan yang lalu telah saya ulas sedikit tentang Putra keduanya yakni Raden Werkudara, maka kali ini saya ingin sedikit menguraikan tentang raden Arjuna, yakni putra ketiga keluarga pandhawa.
Raden Arjuna adalah ksatria Madukara yang gagah berani. Namanya tidak hanya satu melainkan ada julukan yang lain, diantaranya adalah Raden Janaka, Permadi, pamade, Danajaya, dan Padhutanaya. Dalam pewayangan, Arjuna terkenal sebagai ksatria yang tampan sehingga banyak wanita yang mau diperistri olehnya. Misalnya saja, Dewi Wara Sembadra, Wara Srikandhi, Dewi Larasati, Bathari Supraba, Bathari Dresanala, dan masih banyak lainnya. Dari istri-istrinya tadi, Raden Arjuna mempunyai beberapa anak, yaitu : Abimanyu, Bambang Irawan, Wisanggeni, Bratalaras, Priyambada, Manonmanonton, Dewi Pergiwa, dan Dewi Pergiwati.

Raden Arjuna, Pandhawa, Janaka
Raden Arjuna
Raden Arjuna merupakan kesayangan para dewa. Karena jasanya, Arjuna sering mendapat anugrah dari dewa yang berwujud wahyu, seperti Wahyu Makutharama dan WahyuTohjali. Selain itu, Arjuna juga sering mendapat senjata yang ampuh dari para dewa, misalnya saja Pasopati. Senjata ini diberikan pada Arjuna saat bertapa di Indrakila. Selama bertapa, Arjuna peparab Begawan Mintaraga atau Begawan Ciptaning. Setelah selesai bertapa, Raden Arjuna diminta (dimintasraya) oleh dewa untuk memusnahkan Prabu Niwatakawaca di negara Ima-Imantaka.

Saat perang Baratayuda, Arjuna berdiri sebagai senapati yang tangguh tanpa tandingan. Dengan adanya Arjuna sebagai senapati perang, banyak anak buah Kurawa yang tewas ditangan arjuna, termasuk Prabu Karna yang sebenarnya masih bersaudara dengan Arjuna.

Wasssalamu'alaikum...

0 comments:

Post a Comment

Thank you for visiting this blog ...
Please leave at least a comment to improve the quality of this blog.
Thank you very much....