English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Thursday, September 20, 2012

Prinsip-Prinsip Penyusunan RPP

rpp, rencana pelaksanaan pembelajaran, prinsip menyusun RPP, komponen rpp
Asslamu'alaikum...
Mayasa©. Setelah kita ketahui komponen-komponen RPP serta langkah mudah untuk menyusun RPP, kali ini saya ingin menambahkan sedikit uraian tentang prinsip-prinsip apa saja yang harus kita perhatikan saat menyusun RPP. Sebab kita tidak boleh sembarangan dalam menyusun RPP, namun ada pakem tertentu yang penting untuk kita perhatikan. Nah prinsip apa saja yang harus kita perhatikan?
Jawabannya ada pada uraian berikut ini.

Telah saya sampaikan diatas bahwa penyusunan dan pengembangan RPP tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Ada prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dan diikuti oleh guru saat akan menyusun dan mengembangkan RPP. Prinsip-prinsip tersebut adalah :
  1. Memperhatikan perbedaan individu siswa
    RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan siswa.
  2. Mendorong partisipasi aktif siswa
    Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada siswa untuk mendorong motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar.
  3. Mengembangkan budaya membaca dan menulis
    Proses pembelajaran dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  4. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
    RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  5. Keterkaitan dan keterpaduan
    RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara SK, KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  6. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
    RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
Dengan memperhatikan prinsip-prinsip diatas, maka diharapkan RPP yang kita susun mampu mengembangkan potensi anak dengan optimal dan menyeluruh. Tentunya jika RPP tersebut benar-benar kita laksnanakan dengan tepat.

Wassalamu'alaikum...

2 comments:

Thank you for visiting this blog ...
Please leave at least a comment to improve the quality of this blog.
Thank you very much....