English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Friday, September 28, 2012

Fungsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

logo perpustakaan, logo library, fungsi bahasa
Logo-Library
Assalamu'alaikum...
Mayasa©. Setelah kita membahas perjalanan kurikulum di Indonesia dan tujuan mata pelajaran Bahasa Indonesia, kali ini saya ingin mengajak anda untuk mengenal fungsi mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tentu ada alasan mengapa mata pelajaran Bahasa Indonesia harus kita pelajari dan kuasai. Namun saya yakin masih banyak diantara kita yang belum mengetahui atau menyadari bahwa mata pelajaran bahasa Indonesia mempunyai manfaat bagi kehidupan.

Nah apa sih manfaat atau fungsi bahasa Indonesia tersebut?
  1. Kurikulum Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
    Kurikulum yang dipakai saat ini, mengacu pada Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Mata pelajaran Bahasa Indonesia diberikan di semua jenjang pendidikan formal. Jadi diperlukan Standar Kompetensi mata pelajaran bahasa Indonesia yang memadai dan efektif sebagai alat berkomunikasi, berinteraksi sosial, media pengembangan ilmu dan alat pemersatu bangsa.
    Daerah/ sekolah dapat secara efektif menjabarkan Standar Kompetensi sesuai dengan kebutuhan. Tatat Hartati (2006: 74), menjelaskan Standar Kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia bersumber pada hakikat pembelajaran bahasa, yaitu belajar bahasa adalah belajar berkomunikasi dan belajar sastra adalah belajar menghargai manusia dan nilai-nilai kemanusiaannya. Oleh karena itu belajar Bahasa Indonesia mengupayakan peningkatan kemampuan siswa untuk berkomunikasi secara lisan dan tertulis serta menghargai karya cipta bangsa Indonesia.
    Standar Kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia memberikan akses pada situasi lokal dan global yang menekankan keterbukaan, kemasa depanan, kesejagatan. Siswa menjadi terbuka terhadap beragam informasi dan dapat menyaring yang berguna, belajar menjadi diri sendiri, dan menyadari akan eksistensi budayanya sehingga tidak tercabut dari lingkungannya.
    Standar Kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia mengupayakan siswa dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, minat serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya bangsa sendiri. Pada sisi lain pemerintah atau daerah dapat menyusun program pendidikan sesuai dengan keadaan siswa dan sumber belajar yang tersedia.
  2. Fungsi Mata pelajaran Bahasa Indonesia Tatat Hartati (2006: 75), menjelaskan tentang fungsi mata pelajaran Bahasa Indonesia. Standar Kompetensi ini disiapkan dengan mempertimbangkan kedudukan dan fungsi Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa Negara serta sastra Indonesia sebagai hasil cipta intelektual produk budaya yang berkonsekuensi pada fungsi mata pelajaran bahasa Indonesia sebagai berikut:
    1. Sarana pembinaan kesatuan dan kesatuan bangsa
    2. Sarana peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam rangka pelestarian dan pengembangan budaya
    3. Sarana peningkatan pengetahuan dan keterampilan untuk meraih dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
    4. Sarana penyebarluasan pemakaian Bahasa Indonesia yang baik untuk keperluan menyangkut berbagai masalah
    5. Sarana pengembangan penalaran
    6. Sarana pemahaman beragam budaya Indonesia melalui khazanah kesusastraan Indonesia.
Dengan mengetahui fungsi bahasa Indonesia, tentu kita akan selalu berusaha untuk mempelajari dan menguasai bahasa Indonesia dengan sungguh-sungguh. Sebab dengan demikian secara tidak langsung kita telah berusaha untuk membina persatuan dan kesatuan bangsa, serta melestarikan budaya bangsa.

Wassalamu'alaikum...

Daftar Pustaka :
Hartati, Tatat. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas Rendah. Bandung. UPI.

    0 comments:

    Post a Comment

    Thank you for visiting this blog ...
    Please leave at least a comment to improve the quality of this blog.
    Thank you very much....