English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Wednesday, September 19, 2012

Penilaian Kemampuan Berbicara

Assalamu'alaikum...
Mayasa©. Penilaian merupakan cara untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyerap pelajaran yang disampaikan. Ada banyak bentuk dan jenis penilaian. Semua tergantung pada aspek apa yang ingin diukur. Untuk mengetahui apa saja teknik, bentuk dan jenis penilaian tersebut anda dapat melihat pada artikel saya yang lalu. Untuk kali ini saya ingin share mengenai cara melakukan penilaian terhadap kemampuan berbicara siswa. Jika anda penasaran dan ingin tahu caranya, maka jangan tutup halaman ini.
Let's check it out... 

Pengajaran kemampuan berbicara merupakan salah satu kegiatan di dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang memerlukan penilaian tersendiri. Berikut ini terdapat beberapa hal mengenai kriteria penilaian dalam pengajaran kemampuan berbicara. Suhendar (dalam Isah Cahyani dan Hodijah, 2007: 64), mengemukakan bahwa dalam menilai kemampuan berbicara seseorang sekurang-kurangnya ada enam hal yang harus diperhatikan. Keenam hal tersebut adalah:
  1. Lafal
  2. Struktur bahasa
  3. Kosakata
  4. Kafasihan
  5. Isi pembicaraan
  6. Pemahaman
Sapani (dalam Isah Cahyani dan Hodijah, 2007: 64), menyatakan bahwa penilaian kemampuan berbicara mencakup tiga aspek. Aspek tersebut yakni:
  1. Bahasa lisan yang digunakan, meliputi: lafal, intonasi, stuktur bahasa, gaya bahasa.
  2. Isi pembicaraan, meliputi: hubungan isi topik, struktur isi, kuantitas isi, serta kualitas isi.
  3. Teknik dan penampilan, meliputi: gerak-gerik, mimik, hubungan dengan pendengar, volume suara, dan jalannya pembicaraan.
    Dari kedua pendapat diatas, dapat dipahami bahwa pada prinsipnya penilaian kemampuan berbicara secara garis besar mencakup kedalam tiga aspek, yaitu: menyangkut bahasa yang dilisankan, isi pembicaraan, teknik dan penampilan.

    Kemudian dalam melaksanakan penilaian berkaitan dengan kemampuan berbicara, sebaiknya dilakukan dengan penilaian performa/ unjuk kerja. Dengan demikian guru harus menyiapkan check list berisi kriteria penilaian. Sehingga hasil yang ada merupakan gambaran riil kemampuan siswa.

    Semoga bermanfaat.
    Wassalamu'alaikum...

    Daftar Pustaka :
    Isah Cahyani dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. UPI Pers: Bandung.

    0 comments:

    Post a Comment

    Thank you for visiting this blog ...
    Please leave at least a comment to improve the quality of this blog.
    Thank you very much....