English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Tuesday, September 11, 2012

Inquiring Minds Want to Know

model pembelajaran inquiry
Inquiryng
Assalamu'alaikum...
Mayasa©. Seperti yang telah saya uraikan sebelumnya, bahwa keberhasilan pembelajaran tidak lepas dari ketepatan kita dalam memilih dan menerapkan strategi pembelajaran. Ada banyak strategi maupun tehknik pembelajaran yang dapat menjadi pilihan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Salah satunya adalah pembelajaran aktif tipe Inquiring minds want to know. Teknik ini dapat membangkitkan keingintauan siswa dengan cara meminta mereka agar membuat perkiraan-perkiraan tentang suatu topik atau suatu pertanyaan yang diberikan oleh pengajar.

Biasanya siswa cenderung diam dan pasif ketika diajak untuk membahas materi-materi yang belum terpecahkan pada pertemuan sebelumnya atau ketika memasuki materi baru .
Jika mereka diminta untuk menjawab secara bersama-sama satu kelas kebanyakan mereka terlalu pasif bahkan mereka cuma diam saja. Dengan teknik pembelajaran aktif tipe Inquiring Minds Want To Know siswa bisa dilatih untuk berani mengutarakan ide atau pertanyaan dan bisa menambah keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran.

Langkah-langkah Pembelajaran Aktif Tipe Inquiring Minds Want To Know 
Adapun langkah-langkah pembelajaran aktif Tipe Inquiring Minds Want To Know adalah sebagai berikut :
  1. Buat satu pertanyaan tentang materi pelajaran
    Usahakan pertanyaan tersebut mampu membangkitkan minat siswa untuk mengetahui lebih lanjut dan mau mendiskusikannya dengan temen yang lain. Pertanyaan tersebut harus dibuat yangt sekiranya hanya diketahui oleh sebagian kecil siswa misalnya dengan menggunakan kata apakah, mengapa, bagaimana, difinisi dari, ide pokok dan sebagainya.
  2. Anjurkan siswa untuk menjawab
    Apa saja jawaban yang dilontarkan siswa asal sesuai dengan topik yang menjadi dugaan mereka. Gunakan kata-kata : coba pikirkan, apa kira-kira dan sebagainya untuk memancing ide dari siswa.
  3. Jangan memberi jawaban secara langsung.
    Tampung terlebih dahulu semua dugaan-dugaan dari siswa. Biarkan siswa bertanya-tanya tentang jawaban yang benar.
  4. Gunakan pertanyaan tersebut sebagai jembatan untuk mengajarkan apa yang akan anda ajarkan kepada siswa. Jangan lupa beri jawaban yang benar ditengah–tengah anda menyampaikan pelajaran.
So, cukup sederhana bukan langkah-langkahnya. Tinggal kita variasikan dan sesuaikan dengan kondisi yang ada.

Selamat mencoba, semoga sukses.
Wassalamu'alaikum...

4 comments:

Thank you for visiting this blog ...
Please leave at least a comment to improve the quality of this blog.
Thank you very much....