English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Wednesday, September 26, 2012

Tujuan Bahasa Indonesia dan Metode pembelajaran Bahasa Indonesia

Membaca: Langkah memperluas wawasan
Assalamu'alaikum...
Mayasa©. Belum banyak atau mungkin belum ada guru yang menjelaskan tujuan mata pelajaran bahasa Indonesia kepada siswa. Bahkan fungsi mata pelajaran bahasa Indonesia-pun jarang disampaiakan kepada siswa. Yang akhirnya siswa mempelajari mata pelajaran tersebut tanpa tahu apa manfaat dan tujuan menguasainya. 

Dari latar belakang tersebut, maka saya ingin menyampaikan tujuan mata pelajaran bahasa Indonesia sehingga siswa lebih mempunyai greget dalam upaya menguasai materi yang dipelajari. 

Selain itu pada kesempatan kali ini saya juga ingin menguraikan sedikit mengenai beberapa metode pembelajaran yang dapat dijadikan pilihan dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia pada khususnya.
  1. Tujuan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
  2. Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar memiliki tujuan untuk mencapai kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa. Tujuan mata pelajaran Bahasa Indonesia menurut tim penyusun KTSP (2007:54) untuk satuan Pendidikan dasar SD/ MI adalah:
    1. Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tertulis.
    2. Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa Negara
    3. Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
    4. Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan social.
    5. Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
    6. Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khasanah budaya dan intelektual manusia Indonesia
    Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa berkomunikasi secara lisan dan tertulis, dapat meningkatkan kemampuan intelektual yang dimilikinya serta menghargai Bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional Indonesia serta untuk meningkatkan karakter siswa.
  3. Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia
  4. Terdapat berbagai metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia antara lain adalah:
    1. Debat:
      Menurut Yeti Mulyati dkk (2007:3.6), menjelaskan debat adalah suatu prose komunikasi untuk menyampaikan argumentasi karena harus mempertahankan pendapat.
    2. Diskusi:
      Menurut Nio (dalam Yeti Mulyati dkk, 2007: 3.14) menjelaskan diskusi adalah proses pelibatan dua orang atau lebih individu yang berinteraksi secara verbal dan tatap muka, mengenai tujuan yang sudah tentu melalui tukar menukar informasi untuk memecahkan masalah.
    3. Bermain peran:
      Menurut Novi Resmini (2006: 213) dalam bermain peran siswa bertindak, berlaku dan berbahasa seperti orang yang diperankannya. Dalam segi bahasa, berarti siswa harus mengenal dan dapat menggunakan ragam-ragam bahasa.
    4. Problem Based Learning:
      Menurut Wina Sanjaya (2008: 214) mengemukakan metode PBL adalah aktivitas pembelajaran yang menekankan kepada proses penyelesaian masalah yang dihadapi secara ilmiah. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia metode pembelajaran PBL dapat meningkatkan kemampuan berbicara karena apabila siswa diberi permasalahan faktual maka siswa secara aktif dapat berpikir untuk memecahkan permasalahan tersebut serta dapat mengungkapkan ide maupun gagasan kepada orang lain. Melalui berbicara dimuka umum, siswa dapat mengembangkan kemampuan komunikasi dengan orang lain serta dapat melatih keberanian.
Bagaimana, sudah menentukan metode pembelajaran yang akan anda gunakan hari ini?
Wassalamu'alaikum...

Daftar Pustaka :
  1. ____ 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Untuk Satuan Pendidikan Dasar SD/MI. Jakarta: Bp. Cipta Jaya.
  2. Mulyati, Yeti. 2007. Materi Pokok Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta. UT.
  3. Resmini, Novi. 2006. Bahan Belajar Mandiri: Pembinaan dan Pengembangan Pembalajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Pers.
  4. Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Cetakan ke 5. Jakarta: Prenada Media Group.

0 comments:

Post a Comment

Thank you for visiting this blog ...
Please leave at least a comment to improve the quality of this blog.
Thank you very much....