English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Thursday, April 12, 2012

How to Assembly Monoshock for Motorcycle

Assalamu'alaikum...
Taking from M+
Mayasa©. Modifikasi motor dengan mengubah kaki-kaki sudah jamak dilakukan saat ini. Bahkan pada motor sport tak jarang mengaplikasikan limbah moge agar tampilan motor menjadi lebih sangar. Namun sekarang motor bebekpun sudah umum mengubah suspensi belakang menjadi bersistem monoshock serta bercakram ganda untuk bagian depan.
Kali ini saya ingin share mengenai tahapan yang saya lakukan untuk mengubah suspensi belakang menjadi monoshock. Saya yakin banyak bengkel yang jago dalam mengubah suspensi belakang, namun kita juga bisa kok melakukannya sendiri. Tentunya tetap dengan bantuan tukang las, karena proses pembuatan braket harus dilakukan melalui prosses pengelasan.

Let's chek it out guys....
Btw, motor yang saya gunakan adalah honda supra x tahun 2004. 
Yang harus dipersiapkan terlebih dahulu adalah :
  1. Monoshock
    Sebelum anda membeli monoshock, ada baiknya anda tentukan dulu jenis monoshock apa yang ingin anda gunakan. Yang saya gunakan adalah monoshock jupiter MX karena dimensinya yang pendek sehingga motor tidak terlalu molor (saya menggunakan sitem monotrak).

  2. Swing Arm
    Jika anda menggunakan sistem monotrak, maka dapat menggunakan swing arm jupiter MX. Kalau saya menggunakan swing arm handmade yang dibuat menyesuaikan swing arm ori motor.

  3. Rantai/ mata rantai
    Ada selisih panjang swing arm untuk monoshock, sehingga kita memerlukan rantai yang sedikit lebih panjang.

  4. Kopi untuk teman mbengkel biar semangat kerjanya.

Setelah semua bahan siap, sekarang dapat kita mulai proses pengistalan monoshock tersebut.




Klik untuk memperbesar gambar
Yang ini motor saya (Tinggal kenangan T.T)
Nah, mudah bukan. Yang utama hanya kesabaran dan ketekunan. Sabar dalam menentukan sudut dan tekun mencoba sampai ketemu setingan yang pas.
Yups, sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Selamat mencoba. 
Wassalamu'alaikum...

Note : gambar hasil browsing di internet, namun tahapan penginstalan sama seperti yang saya lakukan.

0 comments:

Post a Comment

Thank you for visiting this blog ...
Please leave at least a comment to improve the quality of this blog.
Thank you very much....