English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sunday, April 22, 2012

Minum Jus?
INI ATURANNYA...

Assalamu'alaikum...
aneka jus yang menyegarkan
Mayasa©. Jus merupakan minuman yang menyegarkan sekaligus mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Namun pengolahan jus yang tidak benar, waktu yang tidak tepat atau cara pandang yang salah terhadap jus akan membuat nilai gizi jus berkurang. Agar nutrisi dalam minuman yang menyegarkan ini tidak menjadi sia-sia, maka ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam mengkonsumsi jus.

Hal-hal tersebut diantaranya :
  1. Jus Asam bukan untuk pagi hari
    pagi hari merupakan saat yang tepat untuk meminum jus, karena jus buah yang banyak mengandung serat dan air akan bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Namun yang harus diperhatikan, kita harus menghindari minum jus buah yang berasa asam dipagi hari. Pisang, pepaya, jambu, apel, atau wortel bisa dijadikan pilihan untuk jus dipagi hari.
  2. Jus bukan pengganti makanan
    Saat diet atau untuk alasan kesehatan, kita boleh mengganti makan malam dengan segelas jus. Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk sarapan dan makan siang. Jadi saat sarapan dan makan siang, kita harus tetap mengkonsumsi makanan. Karena kebutuhan nutrisi (1.800 kkal-batas minimum kalori dalam sehari) kita tidak dapat terpenuhi hanya dengan mengkonsumsi buah-buahan.
    Jika nutrisi tersebut tidak terpebuhi, maka kekebalan tubuh akan melemah dan walaupun berat badan turun, namun akan segera naik jika pola makan kita kemabali normal. Hal tersebut dikarenakan minum jus tidak mengurangi lemak namun mengurangi kandungan air dalam tubuh.
  3. Jus bukan pengganti buah
    Terus-menerus mengkonsumsi jus, tanpa mengkonsumsi buah secara langsung juga tidak baik karena dapat meningkatkan berat badan. perlunya mengkonsumsi buah segar secara langsung sangat bermanfaat bagi lambung, karena saat mengunyah lambung akan bekerja membakar kurang lebih 20 kkal. Jadi jangan lupakan buah segar.
  4. Jangan menyimpan jus dalam waktu yang lama
    Jus sebaiknya diminum sesegera mungkin. Penyimpanan jus akan membuat manfaatnya berkurang. Vitamin yang ada dapat rusak oleh oksigen dan ultraviolet yang ada disekitar kita. Namun jika tidak bisa mengkonsumsi jus secara langsung, dapat diatasi dengan membuat jus sedingin mungkin dan menyimpannya dalam termos alumunium yang tertutup rapat. Kondisi suhu yang dingin dan wadah yang tertutup rapat dapat membantu mempertahankan vitamin dalam jus selama kurang lebih 4 jam.
  5. Jus tidak selalu harus buah
    Selain buah, sayuran pun dapat dijadikan jus. Rasa pahit dari sayur dapat diatasi dengan mengkombinasikan sayur dan buah sehingga rasanya lebih segar. Selain itu, jus juga dapat berupa kombinasi buah dan rempah, misalnya dengan menambahkan jahe yang selain menghangatkan juga menambah daya tahan tubuh. Atau kayu manis sebagai opsi lain.
  6. Jus dari buah segar
    Agar mendapat khasiat yang maksimal, gunakanlah buah atau sayuran segar sebagai bahan pembuat jus. Karena penggunaan buah atau sayuran yang mulai layu akan menurunkan kualitas dari jus tersebut.
  7. Buatlah jus yang bervariasi
    Jangan membuat jus dari jenis buah yang sama setiap hari. Usahakan untuk rutin mengganti jenis buah tersebut, selain menghindari kebosanan juga kandungan vitamin dan mineral yang berbeda dari setiap buah tentu lebih bermanfaat bagi tubuh. Mengkombinasikan beberapa jenis buah dalam satu gelas adalah cara praktis untuk mendapat asupan nutrisi yang lebih leengkap. Kombinasi jeruk dan apel, pisang dan apel, wortel dan tomat, atau apel dan anggur merupakan kombinasi yang patut dicoba karena memberi beberapa manfaat sekaligus.
  8. Pilih jus yang tepatMengkonsumsi jus dapat menjadi salah satu solusi dalam mengatasi masalah kesehatan. Pilih buah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk mengurangi masalah kesehatan yang kita hadapi. Misalnya: untuk mengurangi tekanan darah tinggi atau mengencarkan dahak, kita dapat memilih jus belimbing. Jus tomat atau jus jambu merah jadi pilihan pas untuk membantu mengontrol kadar gula dalam tubuh. Sedangkan campuran mentimun dan wortel dapat mengatasi keluhan rematik.
Selama ini mungkin kita jarang mengindahkan hal-hal tersebut diatas dalam mengkonsumsi jus. Tentunya dengan mengikuti aturan yang benar saat minum jus, khasiat yang terkandung dalam minuman yang menyegarkan tersebut akan lebih dirasakan oleh tubuh.
Jadi, mari kita perbanyak konsumsi buah dan sayur (minum jus agar praktis), supaya tubuh tetap sehat dan kita dapat terus berkarya.

Semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum...
Sumber : info UMS

0 comments:

Post a Comment

Thank you for visiting this blog ...
Please leave at least a comment to improve the quality of this blog.
Thank you very much....