English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Saturday, July 28, 2012

Cincau, Segar dan Menyehatkan...

manfaat cincau, cincauAssalamu'alaikum...

Mayasa©. Alhamdulillah akhirnya bisa buat postingan lagi ^O^
Maklum guys, beberapa hari ini modem kehabisan pulsa so puasa dulu dech internetannya hehe...

Bicara tentang puasa saya ingin mengucapkan (meskipun telat T_T!)"SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA, SEMOGA AMAL IBADAH KITA DITERIMA ALLOH SWT". Aamiin..

Salah satu minuman favorit saya untuk buka puasa adalah es, baik itu es buah, es kolak, es sirup, es cendol atau es cincau.
manfaat cincau, cincau
Cincau Hitam
Tentu anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya cincau. Yak, cincau adalah daun yang dimanfaatkan sebagai campuran minuman, utamanya es. Rasa cincau yang dingin cukup berkhasiat untuk mendinginkan perut saat udara panas.

Namun tahukah anda bahwa ternyata Cincau mempunyai manfaat lain yang tidak kalah hebat dari mengusir dahaga?
Nah kali ini saya ingin membahas khasiat yang dimiliki cincau bagi kesehatan. Silahkan disimak...

Cincau (premna Serratifolia), camcau (Cyclea barbata) beserta kerabatnya dari famili menispermaceae setelah diteliti ternyata mengandung senyawa flavonoid yang bersifat mencegah radang/ sebagai anti radang (antiinflamantari), menurunkan kadar asam lambung dan berkhasiat mengobati maag atau lukak lambung.

Penyakit maag sendiri umuumnya disebabkan oleh pola makan yang tidak baik, mengkonsumsi minuman beralkoholatau hal-hal yang berkaitan dengan kanker, anemia kronis, diabetes, atau kekurangan zat besi.

Daun cincau atau camcau adalah bahan pembuat jeli yang biasanya digunakan untuk campuran minuman dengan dicampur sirup atau santan dan gula jawa.

cincau, manfaat cincau
Pohon Penghasil Cincau
Dikutip dari majalah Genta, dijelaskan bahwa daun dan akar cincau dapat dijadikan minuman yang berguna untuk memperlancar air kencing, mengobati gangguan lambung, demam, radang rematik, perut mulas (colic), gas dalam perut (flatulence), batuk, dan sakit kepala. Bahkan kulit kayunya dipercaya berkhasiat mengobati sakit syaraf (neuralgia).

Bisa dikatakan bahwa cincau merupakan tumbuhan obat yang enak dan mudah didapatkan. Jadi banyak pilihan untuk hidup sehat selain mengkonsumsi buah yakni dengan cincau.

Semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum...

0 comments:

Post a Comment

Thank you for visiting this blog ...
Please leave at least a comment to improve the quality of this blog.
Thank you very much....