English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sunday, July 08, 2012

Tips Mencegah Nyeri di Persendian

Assalamu'alaikum...
nyeri sendi, mencegah nyeri,
Nyeri sendi
Mayasa©. Tidak terasa liburan kenaikan kelas tinggal satu minggu lagi (bagi yang masih sekolah, hehe..). Bagi anda yang mahasiswa (khususnya saudaraku mahasiswa UMS), minggu-minggu ini mungkin saat berjuang menghadapi Ujian Akhir Semester (Ganbattekudasai) semoga anda mendapat hasil yang memuaskan. Aamiin...

Btw, mungkin selama liburan anda melakukan hal-hal yang kadang tidak biasa dilakukan sehari-hari misalnya olah raga, membersihkan kamar, atau pergi hang out dengan teman-teman yang mengakibatkan nyeri pada bagian tubuh tertentu akibat kecapekan atau sebab yang lain?
Jika iya, maka insyaAlloh apa yang akan saya tulis dapat bermanfaat bagi anda. Karena kali ini saya akan menulis mengenai tips mencegah nyeri dipersendian. Sehingga pada lain kesempatan, rasa nyeri pada sendi dapat dicegah dan dihindari.
Gangguan nyeri pada persendian merupakan penyakit degeneratif yang umumnya akan memburuk seiring bertambahnya usia bila tidak ditangani dengan baik. Upaya pencegahan tentu lebih baik dibanding dengan pengobatan, untuk itu silahkan anda ikuti tips berikut ini untuk mencegah nyeri pada sendi. 

Tips tersebut yang saya kutip dari bulletin Info UMS diantaranya adalah :
  1. Pelajari cara -cara praktis untuk relaksasi.
    Sebab otot dan urat syaraf yang tegang mudah membuat persendian stres, karena itu penting untuk selalu mencegah otot dan urat agar tidak tegang.
  2. Jaga keseimbangan antara istirahat dan beraktifitas.
    Istirahat selama delapan jam dimalam hari ideal untuk menjaga kesehatan otot dan urat. Jadi jangan sia-siakan kesempatan beristirahat dimalam hari.
    nyeri sendi, mencegah nyeri,
    Olah raga : cara mencegah nyeri
  3. Berolahraga secara teratur.
    Nah ini yang mungkin agak sulit dilakukan, sebab saat pertama kali berolah raga badan menjadi pegal dan capek sehingga umumnya kita (saya pastinya) menjadi malas untuk rutin berolahraga. Padahal kita hanya perlu berolahraga minimal 20/ 30 menit perhari, dan menghindari latihan yang dapat menyebabkan nyeri atau ngilu dipersendian.
  4. Biasakan sikap tubuh yang baik.
    Angkat barang yang berat dengan tumpuan otot pangkal paha (pinggul), bukan dengan punggung.
  5. Lindungi persendian.
    Dalam udara dingin, gunakan sarung tangan untuk melindungi buku-buku jari, baju dalam panjang untuk melindungi lutut, dan kaus kaki tebal untuk melindungi pergelangan dan jari kaki.
  6. Pangkas berat badan jika anda kegemukan.
    Mengurangi berat badan sebanyak 6 kilo gram dapat memotong resiko nyeri sendi sampai sekitar 50%. Tapi ingat kurangi berat badan jika memang anda kelebihan berat badan.
  7. Hindari kursi dan kasur yang terlalu empuk.
    Terus terang saya kurang paham alasannya. Tetapi menurut pengalaman saya, tidur dikasur yang sangat empuk memang membuat badan menjadi kurang segar saat bangun.
  8. Berendam dalam air hangat, terutama setelah latihan berat.
    Menurut beberapa orang berendam air hangat dapat membuat tubuh menjadi rileks, sehingga otot dan syaraf akan terhindar dari rasa kaku/ tegang.
  9. Usahakan tidak mengusung berat beban dengan cara digendong atau dipanggul.
    Sebaiknya barang yang berat ditarik dengan alat-alat tertentu, misalnya : gerobak atau troli.
Itulah beberapa tips yang bisa mulai anda (saya juga) lakukan dari sekarang. Sehingga seiring bertambahnya usia, tubuh kita akan tetap terjaga kesehatannya. Salah satunya adalah terhindar dari rasa nyeri pada persendian.
Semoga bermanfaat. wassalamu'alaikum...

0 comments:

Post a Comment

Thank you for visiting this blog ...
Please leave at least a comment to improve the quality of this blog.
Thank you very much....