English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Monday, July 09, 2012

Cara Mengatasi Kram dan Rematik

Assalamu'alaikum...
Mayasa©. Menyambung ulasan mengenai tips mencegah nyeri persendian yang lalu, kali ini saya ingin menguraikan cara mengatasi kram. Kram terkadang kita alami saat melaksanakan aktifitas, baik saat bekerja, berolah raga, maupun pada saat yang lain. Umumnya kram diakibatkan karena kita kurang / belum melakukan pemanasan sebelum melakukan aktifitas. Seperti yang kita tahu bahwa kram adalah kejang otot mendadak yang menimbulkan rasa nyeri. Kejang otot tersebut sering terjadi ketika kita sedang tidur, tetapi bisa juga karena kerja fisik yang berat misalnya lari dan sebagainya (seperti yang saya uraikan sebelumnya). Biasanya saat kita berlari tiba-tiba kaki mengalami kram sehingga sulit untuk digerakkan dan rasanya sangat sakit. 
Kram/ Pict  Google
Kejang otot terjadi akibat tubuh kehilangan garam dan cairan karena banyaknya keringat yang keluar. Kram biasanya dapat disembuhkan dengan meregangkan dan memijat otot yang kejang/ kaku.

Kemudian bagaimana cara untuk mengatasi kram tersebut?
Berbeda bagian yang mengalami kram, maka berbeda pula penanganannya. Cara mengatasi kram tersebut diantaranya :
  1. Kram pada kaki.
    Korban dibantu berdiri dan berat badannya ditahan dengan kaki bagian depan. Setelah kejang pertama berlalu, pijat kaki yang mengalami kram tersebut dengan perlahan sampai kram-nya hilang.
  2. Kram pada betis.
    Luruskan lutut korban, kemudian tekan kaki dengan kuat dan mantap keatas mengarah ke tulang kering dan pijat otot yang kram tersebut.
  3. Kram pada paha.
    Untuk kejang pada paha bagian belakang, luruskanlutut korban dan angkat kakinya. Sedangkan untuk kejang pada paha bagian depan, penanganannya adalah dengan menekuk lutut korban dan otot pada kedua paha dipijat dengan kuat.
Cara diatas dapat kita lakukan saat menolong orang yang mengalami kram, sedangkan untuk pencegahan dapat kita lakukan dengan mengkonsumsi buah-buahan tertentu. Sekitar 40% penduduk Indonesia yang berusia diatas 40 tahun memiliki keluhan nyeri pada sendi dan otot atau yang lebih dekenal dengan Rematik. Penyebab rematik bermacam-macam, dari luka mekanik akibat kecelakaan, aktivitas berlebihan sampai pada infeksi virus dan bakeri. Umumnya pengobatan rematik difokuskan pada pengurangan rasa sakit dan peradangan. Obat-obatan yang biasanya digunakan untuk mengurangi keluhan akibat rematik antara lain asetaminofen, obat anti-inflamasi nonsteroid (OAINS), kortikosteroid serta obat penekan kekebalan tubuh. Namun anda perlu tahu bahwa terlalu banyak mengkonsumsi obat tersebut dapat menyebabkan iritasi pada lambung dan usus. Selain mongkonsumsi obat-obatan, nyeri sendi dapat dikurangi dengan memperbaiki kebiasaan sehari-hari, pola istirahat dan olahraga yang cukup.
Dalam buku Terapi Herba, Buah, Sayuran 10 Penyakit Utama, terbitan majalah Flona disebutkan bahwa ada beberapa makanan dan minuman yang cukup efektif membantu penyembuhan sakit akibat radang sendi. Diantaranya yaitu :
  1. Alpukat
    Dengan rajin mengkonsumsi alpukat yang matang secara teratur, maka kita tidak akan menderita rematik atau athiris. Lemak yang terkandung alpukat mampu memberikan lubrikasi secara alami pada persendian tulang seperti pada leher, siku, pergelangan tangan, pinggul, lutut, dan pergelangan kaki.
  2. Jus Apel
    Minum jus apel yang telah diragikan sebanyak setengah cangkir dua kali sehari akan membantu penyembuhan sakit radang sendi.
  3. Jus Semangka
    Untuk arthiris karena kelebihan asam urat, segelas jus semangka pada pagi dan malam hari akan membantu mendorong keluar kelebihan akumulasi asam urat dalam tubuh.
Yups, itulah beberapa tips dan buah yang dapat membantu meringankan nyeri sendi yang kita alami.
Semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum...

Source : Info UMS volume 5, No. 4-6 April-Juni 2012

2 comments:

  1. makasih atas infonya sangat bermanfaat, jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2CEy6Fs

    ReplyDelete
  2. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete

Thank you for visiting this blog ...
Please leave at least a comment to improve the quality of this blog.
Thank you very much....