English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Friday, March 09, 2012

Hakikat Matematika

Assalamu'alaikum...
Mayasa©. Kali ini kami akan membahas mengenai hakikat mata pelajaran matematika. Hakikat matematika yang saya sampaikan kali ini merupakan sebagian dari kajian teori pada skripsi yang disusun oleh teman saya. Namun hakikat tersebut dibagi kedalam tiga sub tema yakni pengertian matematika, pembelajaran matematika, dan tujuan matematika.
1. Pengertian Matematika
Banyak orang beranggapan bahwa matematika itu adalah aritmatika atau berhitung. Padahal aritmatika hanya merupakan bagian dari matematika. Dengan kata lain matematika memiliki cakupan yang lebih luas daripada aritmatika. Dari berbagai bidang studi yang diajarkan di sekolah dasar, matematika adalah bidang studi yang dianggap paling sulit oleh kebanyakan peserta didik. Untuk dapat memahami bagaimana hakikatnya matematika itu, kita dapat memperhatikan pengertian istilah matematika dan beberapa deskripsi yang diuraikan para ahli berikut.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia (2005: 723), matematika didefinisikan sebagai ilmu tentang bilangan, hubungan antara bilangan, dan prosedur operasional yang digunakan dalam penyelesaian masalah mengenai bilangan. Dapat dipahami bahwa matematika adalah ilmu yang mempelajari tentang bilangan. Matematika digunakan sebagai cara untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan bilangan. Matematika bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, yaitu untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan tentang bilangan.
Matematika baerasal dari bahasa latin manthanein atau mathema yang berarti belajar atau hal yang dipelajari. Romberg mengarahkan hasil penelaahannya tentang matematika kepada tiga sasaran utama. Pertama, para sosiolog, psikolog, pelaksana administrasi sekolah dan penyusun kurikulum memandang bahwa matematika merupakan ilmu statis dengan disipilin yang ketat. Kedua, selama kurun waktu dua dekade terakhir ini, matematika dipandang sebagai suatu usaha atau kajian ulang terhadap matematika itu sendiri. Kajian tersebut berkaitan dengan apa matematika itu? bagaimana cara kerja para matematikawan? dan bagaimana mempopulerkan matematika? Ketiga, matematika juga dipandang sebagai suatu bahasa, struktur logika, batang tubu dari bilangan dan ruang, rangkaian metode untuk menarik kesimpulan, esensi ilmu terhadap dunia fisik dan aktivitas intelektual[1].

Kitcher (2008)  dalam http:// masthoni. wordpress. com/ 2008/ 02 definisi matematika.html, 28/ 10/ 2011) lebih memfokuskan perhatiannya kepada komponen dalam kegiatan matematika. Kitcher mengklaim bahwa matematika terdiri atas komponen-komponen: 1) bahasa (language) yang dijalankan oleh para matematikawan, 2) pernyataan (statements) yang digunakan oleh para matematikawan, 3) pertanyaan (questions) penting yang hingga saat ini belum terpecahkan, 4) alasan (reasonings) yang digunakan untuk menjelaskan pernyataan, dan 5) ide matematika itu sendiri. Bahkan secara lebih luas matematika dipandang sebagai the science of pattern.

Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia (Peraturan Menteri Pendidikan Nasional, 2008:134). Matematika dalam bahasa Belanda disebut wiskunde atau ilmu pasti, yang kesemuanya berkaitan dengan penalaran. Ciri utama matematika adalah penalaran deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep atau pernyataan diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran sebelumnya dan bersifat konsisten[2].

Berdasarkan beberapa definisi di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa yang dimaksud dengan Matematika adalah ilmu tentang logika, bentuk, susunan, besaran, konsep-konsep aljabar, geometri, kalkulasi penalaran logik dan berhubungan dengan bilangan yang memiliki aturan-aturan yang ketat dan berdiri sendiri tanpa bergantung pada bidang studi lain.  Matematika adalah bahasa simbolis yang memudahkan manusia berfikir dalam menyelesaikan masalah mengenai bilangan dalam kehidupan sehari-hari.

Sampai disini uraian yang dapat saya sampaikan kali ini, semoga dapat bermanfaat. Untuk selanjutnya akan saya sampaikan mengenai pembelajaran matematika dan tujuan matematika.
Wassalamu'alaikum....

Source:
1.http://masthoni.wordpress.com
2.arinimath. blogspot. com/ 2008/ 02/ definisimatematika. html, 28/ 10/ 2011

0 comments:

Post a Comment

Thank you for visiting this blog ...
Please leave at least a comment to improve the quality of this blog.
Thank you very much....