This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Wednesday, August 15, 2012

Mau Sombong?
INGAT INI !!!

Assalamu'alaikum...
Sombong, penyakit hati yang berbahaya
Mayasa©. Ada yang menarik saat saya mengikuti pengajian beberapa hari yang lalu. Ustad yang memberi tausiah mengatakan bahwa kita sebagai mahluk tidak pantas sombong sebab sombong adalah pakaian Alloh yang tidak pantas kita kenakan, selain itu apa yang ada pada kita hanyalah titipan yang sewaktu-waktu dapat diambil dengan mudah dari kita. Saya yakin hal tersebut sudah sering kita dengar.

Namun yang menarik adalah penjelasan berikutnya dari Ustad tersebut, yakni renungkanlah penyataan berikut ini jika anda ingin menyombongkan diri.
Pada diri manusia ada sembilan lubang yang masing-masing mempunyai peran dan fungsi tertentu. Namun suatu saat kesembilan lubang tersebut akan mengeluarkan sesuatu yang menjijikkan. Meskipun tidak bersamaan, namun yang keluar dari masing-masing lubang tersebut cukup untuk membuat orang lain jijik. Bahkan memikirkannya pun cukup membuat kita jijik.

Kesembilan lubang itu adalah, dua lubang mata, dua lubang hidung, dua lubang telinga, satu lubang mulut, dan dua lubang yang berada di pangkal paha.

Rasul Muhammad saw pernah berfirman yang intinya adalah manusia yang akan masuk surga adalah mereka yang mampu menjaga salah satu lubang dipangkal paha atau lubang di pangkal rahang.

Nah dengan memahami itu semua, apakah kita masih ingin menyombongkan diri?
Mari kita perbaiki kualitas diri kita sehingga kita tidak termasuk umat yang dilaknat Alloh swt.

Aamiin...

Semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum...

Monday, August 13, 2012

Fakta Unik Seputar Azan

Pict Source : here
Assalamu'alaikum...
Mayasa©. Hampir setiap hari suara azan terdengar, apalagi bagi yang tinggal di negara muslim. Azan merupakan seruan bagi umat Muslim untuk menunaikan salat. Apabila azan telah berkumandang, maka umat muslim datang ke masjid-masjid terdekat untuk menunaikan salat. 

Azan memiliki keistemawaan sehingga bagi orang yang menyerukan azan, Allah telah menjanjikan pahala kepadanya. Di balik keistimewaan tersebut, azan juga menyimpan fakta unik. 
Berikut ini adalah 6 fakta unik mengenai azan yang saya kutip dari detikRamadan, mari kita simak.
1. Kalimat penyeru yang mengandung kekuatan dahsyat
Begitu azan berkumandang, kaum muslim yang benar-benar beriman dan bertakwa kepada Allah akan segera bergegas ke masjid menunaikan salat. Tanpa sadar syaraf akan memerintahkan tubuh untuk segera menunaikan salat.

Simpul-simpul kesadaran psiko-religius dalam otak umat muslim mendadak bergetar hebat, terhubung secara simultan, dan dengan totalitas kesadaran seorang hamba (abdi). Seakan suara khas azan telah tertanam dalam alam bawah sadar setiap muslim. Sehingga ketika mendengarnya, indra-indra tubuh mereka lalu bergerak untuk salat. Suara azan seakan telah menyentuh fitrahnya untuk beribadah.

2. Banyak non-muslim yang menjemput hidayah setelah mendengar azan
Banyak kisah perjalanan hidup kaum mualaf hingga akhirnya menemukan hidayah yang seringkali menyentuh nurani. Berbagai sebab mereka akhirnya masuk Islam. Salah satu sebab yang sering terjadi adalah suara azan yang didengar mereka, telah menggetarkan hari dan kesadaran terdalam untuk mengucap syahadat. Seakan fitrah Islam dalam diri mereka terbangkitkan melalui alunan azan itu.

Kementerian Urusan Agama Turki pernah melansir sedikitnya 634 orang telah masuk Islam selama tahun 2011, termasuk 467 wanita, yang berusia rata-rata 30 sampai 35 tahun, dan berasal dari kebangsaan yang berbeda mulai dari Jerman, Maldiva, Belanda, Perancis, Cina, Brasil, AS, Rumania dan Estonia. Mereka adalah turis-turis yang tengah melancong ke Turki.

Di kota Kayseri Turki sendiri, sedikitnya 14 orang telah masuk islam selama empat tahun terakhir, termasuk 10 wanita. Grand Mufti kota Kayseri, Syaikh Ali Marasyalijil menyebutkan umumnya mereka masuk Islam setelah tersentuh mendengar alunan azan.

Rapper papan atas Amerika Serikat, Chauncey L Hawkins yang populer disapa Loon bahkan mengakui masuk Islam setelah mendengar suara azan saat dirinya tengah berkunjung ke Abu Dhabi, Dubai.

Masih banyak lagi kisah menyentuh mualaf yang masuk Islam setelah mendengar alunan kumandang azan.

3. Perintah azan datang melalui mimpi
Pada awalnya Rasulullah SAW m tidak tahu dengan cara yang digunakan untuk mengingatkan umat muslim bila waktu salat tiba. Ada sahabat yang menyampaikan usul untuk mengibarkan bendera, menyalakan api di atas bukit, meniup terompet, dan membunyikan lonceng. Semua saran itu dianggap kurang cocok.

Hingga datanglah sahabat, Abdullah bin Zaid yang bercerita jika dia mimpi bertemu dengan seseorang yang memberitahunya untuk mengumandangkan azan dengan menyerukan lafaz-lafaz azan seperti saat ini. Lalu dikabarkanlah perihal mimpi ini kepada Rasulullah. Umar bin Khathab mendengar hal itu dan ternyata dia juga mengalami mimpi yang sama. ”Demi Tuhan yang mengutusmu dengan Hak, ya Rasulullah, aku benar-benar melihat seperti yang ia lihat (di dalam mimpi)". Lalu Rasulullah bersabda: ”Segala puji bagimu.”

Rasulullah menyetujui untuk menggunakan lafaz-lafaz azan itu sebagai tanda waktu salat tiba.

4.Dikumandangkan saat peristiwa-peristiwa bersejarah
Selain digunakan untuk menandakan waktu salat tiba, azan juga dikumandangkan pada momen-memen penting dan bersejarah. Misalnya ketika seorang bayi lahir. Selain itu, saat peristiwa penting dalam Islam terjadi, azan juga berkumandang. Ketika pasukan Rasulullah berhasil menguasai Makkah dan berhala-berhala di sekitar ka'bah dihancurkan, Bilal bin Rabbah mengumandangkan azan dari atas Ka’bah.

Peristiwa lain, ketika Konstantinopel jatuh ke tangan pasukan Ottoman yang mengakhiri Kekaisaran Romawi Timur, beberapa perajurit Ottoman masuk ke dalam lalu mengumandangkan azan sebagai tanda kemenangan mereka.

5. Miliaran kali dikumandangkan sejak 14 abad lalu
Adzan dikumandangkan 5 kali sehari. Semenjak azan pertama kali dikumandangkan 14 abad lalu hingga saat ini, tak dapat dihitung berapa juta kali azan telah berkumandang.

Anggaplah setahun 356 hari. Jika 14 abad adalah 1400 tahun, maka 1400 tahun x 356 hari = 511000 hari. Dalam satu hari, azan 5x dikumandangkan. Sehingga sedikitnya azan telah dikumandangkan 2.555.000 kali. Jika dalam satu hari ada 1 juta muslim di dunia yang mengumandangkan azan, jadi azan telah dikumandangkan sebanyak 2.555.000.000.000 kali. Subhanallah!

6. Tak henti dikumandangkan hingga kiamat
Bumi berbentuk bulat. Ini menyebabkan terjadi perbedaan waktu solat pada setiap daerah. Ketika adzan telah selesai berkumandang di satu daerah, maka selanjutnya adzan berkumandang di daerah lain.

Satu jam setelah azan selesai di Sulawesi, maka azan segera bergema di Jakarta, disusul pula Sumatera. Dan azan belum berakhir di Indonesia, maka ia sudah dimulai di Malaysia. Burma adalah di baris berikutnya, dan dalam waktu beberapa jam dari Jakarta, maka azan mencapai Dacca, ibukota Bangladesh. Dan begitu azan berakhir di Bangladesh, maka ia ia telah dikumandangkan di barat India, dari Kalkuta ke Srinagar. Kemudian terus menuju Bombay dan seluruh kawasan India.

Srinagar dan Sialkot (sebuah kota di Pakistan utara) memiliki waktu azan yang sama. Perbedaan waktu antara Sialkot, Kota, Karachi dan Gowadar (kota di Baluchistan, sebuah provinsi di Pakistan) adalah empat puluh menit, dan dalam waktu ini, azan Fajar telah terdengar di Pakistan. Sebelum berakhir di sana, ia telah dimulai di Afghanistan dan Muscat. Perbedaan waktu antara Muscat dan Baghdad adalah satu jam. Azan kembali terdengar selama satu jam di wilayah Hijaz al-Muqaddas (Makkah dan Madinah), Yaman, Uni Emirat Arab, Kuwait dan Irak.

Perbedaan waktu antara Bagdad dan Iskandariyah di Mesir adalah satu jam. Azan terus bergema di Siria, Mesir, Somalia dan Sudan selama jam tersebut. Iskandariyah dan Istanbul terletak di bujur geografis yang sama. Perbedaan waktu antara timur dan barat Turki adalah satu setengah jam, dan pada saat ini seruan shalat dikumandangkan.

Iskandariyah dan Tripoli (ibukota Libya) terletak di lokasi waktu yang sama. Proses panggilan azan sehingga terus berlangsung melalui seluruh kawasan Afrika. Oleh karena itu, kumandang keesaan Allah dan kenabian Muhammad saw yang dimulai dari bagian timur pulau Indonesia itu tiba di pantai timur Samudera Atlantik setelah sembilan setengah jam.

Sebelum azan mencapai pantai Atlantik, kumandang azan Zhuhur telah dimulai di kawasan timur Indonesia, dan sebelum mencapai Dacca, azan Ashar telah dimulai. Dan begitu azan mencapai Jakarta setelah kira-kira satu setengah jam kemudian, maka waktu Maghrib menyusul.

Begitu seterusnya azan akan terus berkumandang di bumi dan tidak pernah berhenti hingga kiamat terjadi.

Itulah fakta unik seputar azan yang perlu juga kita ketahui. Jadi jika kita pergi berkeliling dunia, maka akan kita dengar azan terus berkumandang sepanjang jalan/ daerah yang kita lewati.

Sunday, August 12, 2012

Metode Pembelajaran Hypnoteaching

Hypnoteaching, hypnotis, metode pembelajaran inovatif
Hypnoteaching
Assalamu'alaikum....
Mayasa©. Banyak strategi, pendekatan, model, maupun metode pembelajaran yang dapat dijadikan pilihan untuk digunakan dalam melaksanakan proses belajar mengajar dikelas. Mulai dari CTL, Quantum Teaching and Learning, Inquiry, maupun metode pembelajaran yang lain yang berpusat pada siswa atau Student Centered Learning.
Kali ini saya ingin mengajak anda untuk lebih dekat dengan metode pembelajaran Hypnoteaching. Metode pembelajaran Hypnoteaching ini digunakan oleh sahabat saya Rudy Aryanto untuk menyusun skripsinya. Dari pembicaraan yang kami lakukan, saya menangkap bahwa Hypnoteaching cukup menarik untuk diterapkan. Sebab siswa diajak untuk rileks dalam mengikuti pembelajaran.

Untuk memahami apa itu metode pembelajaran Hypnoteaching, maka silahkan anda simak ulasan berikut ini.

Hypnoteaching bertujuan untuk mengaktifkan inner motivation dan mempersuasi siswa. Mempersuasi siswa untuk nyaman dan betah dalam belajar. Selanjutnya, dengan sugesti yang diberikan, mereka akan termotivasi untuk terus menikmati belajarnya ( Novian.2001: 24).

Untuk mempermudah pemahaman uraian di atas, berikut ini akan saya sampaikan pengertian sugesti dan motivasi.
Sugesti adalah kalimat-kalimat yang disampaikan dengan cara dan dalam situasi tertentu (Ibnu Hajar. 2011: 45). Dari pendapat Ibnu Hajar dapat dipahami bahwa sugesti merupakan kalimat yang disampaikan secara khusus.
Berbeda dengan pendapat Isma Almatin, yang membuat pengertian sebagai berikut. Sugesti adalah sebuah pesan atau usulan rencana yang terprogram, dibuat untuk menimbulkan atau mempengaruhi respons dalam pikiran maupun tindakan (Isma Almatin. 2010:140).
Dari kedua pendapat ahli diatas maka dapat dibuat kesimpulan bahwa sugesti adalah kalimat-kalimat yang mempengaruhi tindakan maupun perbuatan yang disampaikan dalam situasi tertentu.

Menurut Saring dan Samino (2011:57) yang dikutip dari Thomas F.Staton (dalam Sadirman, 2010:39-45) motivasi adalah keinginan atau dorongan untuk belajar.
Sedangkan menurut Handoko (dalam buku Samino. 2010:137) menyatakan motivasi merupakan kekuatan pendorong yang akan mewujudkan suatu perilaku guna mencapai tujuan kepuasan dirinya.
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa, metode hypnoteaching adalah metode untuk terus memberikan motivasi dan kalimat-kalimat ajakan untuk terus menikmati kegiatan pembelajaran yang dilakukan supaya siswa menjadi betah dan senang belajar.

Hypnoteaching adalah seni berkomunikasi dengan jalan memberikan sugesti agar para siswa menjadi lebih cerdas. Dengan sugesti yang diberikan, diharapkan mereka tersadar dan tercerahkan bahwa ada potensi luar biasa yang selama ini belum pernah mereka optimalkan dalam pembelajaran ( Ibnu Hajar. 2011:75)
Dari kedua definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa Hypnoteaching adalah suatu metode yang digunakan untuk meningkatkan rasa nyaman pada siswa untuk menikmati kegiatan belajar mengajar, memasukkan unsur pemberian motivasi dan ajakan untuk terus belajar sampai siswa sadar bahwa mereka memiliki potensi yang luar biasa, dalam kondisi pembelajaran yang nyaman.

Menurut Novian (2001: 11) setiap manusia senantiasa menggunakan 2 pikiran dalam melakukan aktivitasnya yaitu pikiran sadar (Conscious Mind) dan pikiran bawah sadar (sub Conscious Mind). Pikiran sadar berfungsi sebagai bagian pikiran yang analitis, rasional, kekuatan kehendak, faktor kritis, dan memori jangka pendek, seringkali disetarakan dengan otak kiri (left brain). Sedangkan pikiran bawah sadar berfungsi dalam menyimpan memori jangka panjang, emosi, kebiasaan, dan intuisi seringkali disetarakan dengan otak kanan (right brain).
Hypnoteaching, hypnotis, metode pembelajaran inovatif
Pemberian Sugesti
Kedua bagian pikiran ini berisi program-program yang berdampak kepada tindakan dan perilaku yang terjadi. Dinamika program ini terkait dengan input atau sugesti yang masuk baik secara langsung maupun tidak langsung, baik berupa verbal maupun non verbal melalui 5 panca indra.

Pikiran manusia mempunyai dua jenis pikiran yang bekerja secara simultan dan saling mempengaruhi, yaitu pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Pikiran sadar (conscious mind) adalah proses mental yang anda sadari dan bisa anda kendalikan, sedangkan pikiran bawah sadar (subconscious mind) adalah proses mental yang berfungsi secara otomatis sehingga anda tidak menyadarinya (Ibnu Hajar. 2011:61). Dari pendapat ini manusia berpikir dengan dua arah yaitu sadar dan bawah sadar dimana pikiran sadar masih bisa dalam kendali kita, tapi pikiran bawah sadar tanpa kita sadari telah melakukan sesuatu karena disugesti oleh orang lain. Dari pendapat tersebut dapat dipahami bahwa dalam beraktivitas manusia selalu terkait dengan dua pikiran yaitu pikiran sadar dan bawah sadar yang nantinya akan menghasilkan tindakan yang akan dilakukan. Demikian pula dalam pendidikan kegiatan belajar mengajar. Siswa juga beraktivitas menggunakan pikiran sadar dan bawah sadar.

Dalam “peace of mind” MC Gregor menyebutkan bahwa pikiran bawah sadar menguasai pemikiran seseorang sebanyak 88%. Sisanya adalah pikiran sadar (Novian. 2001;11). Dari pendapat tersebut dapat dipahami bahwa dengan memaksimalkan potensi bawah sadar, maka kita akan dapat meningkatkan potensi yang ada, begitu juga dalam kegiatan belajar mengajar. Sehingga dengan menerapkan metode pembelajaran Hypnoteaching diharapkan siswa dapat termotivasi dan meningkat hasil belajarnya.

Daftar pustaka :
  1. Hajar, Ibnu. 2011. Hypno Teaching. Yogyakarta: DIVA Press
  2. Samino dan Saring Marsudi. 2011. Layanan Bimbingan Belajar. Surakarta: Fairuz Media
  3. Triwidia, Novian Jaya. 2010. Hypno Teaching, Bukan Sekedar Mengajar. Bekasi: D-Brain

Thursday, August 09, 2012

Terapi Air Putih

minum air putih, terapi air putih, manfaat air putih
Air Putih
Assalamu'alaikum...

Mayasa©. Meminum air minum biasa dengan metode yang benar dapat membantu memurnikan tubuh kita. Hal itu membuat usus besar bekerja dengan lebih efektif dengan cara membentuk darah baru, dalam istilah medis dikenal sebagai aematopaises. Bahwa mucousal fold pada usus besar dan usus kecil diaktifkan oleh metode ini, merupakan fakta yang tidak terbantahkan, seperti teori yang menyatakan bahwa darah segar baru diproduksi oleh mucousal fold ini.

Bila usus bersih, maka gizi makanan yang kita makan beberapa kali dalam sehari akan diserap dan dengan kerja mucousal fold, gizi makanan ini diubah menjadi darah baru. Darah merupakan hal penting dalam menyembuhkan penyakit dan memelihara kesehatan, dan karena itu air hendaknya dikonsumsi dengan teratur.
Terapi air putih
Pagi hari ketika bangun tidur (bahkan tanpa gosok gigi terlebih dahulu) minumlah 1,5 liter air putih, yaitu 5 sampai 6 gelas. Lebih baik airnya ditakar terlebih dahulu sebanyak 1,5 lt. Perlu anda ketahui bahwa nenek moyang kita menyebut terapi ini sebagai “usha paana chikitsa”. Setelah itu baru anda bisa mencuci muka.
Yang harus anda diketahui adalah jangan minum atau makan apapun satu jam sebelum dan setelah minum 1,5 lt air putih tersebut. Juga jangan minum alkohol pada malam sebelumnya.
Dan pastikan air yang anda konsumsi tersebut telah direbus atau disaring.

Tahapan terapi air putih
Untuk permulaan, mungkin akan terasa sulit meminum 1,5 lt air sekaligus, tapi lambat laun anda akan terbiasa juga.
Untuk latihan, minum 4 gelas air terlebih dahulu dan sisanya yang 2 gelas dapat diminum 2 menit setelahnya. Awalnya anda akan buang air kecil 2 sampai 3 kali dalam satu jam, itu bukan suatu masalah sebab setelah beberapa waktu buang air kecil anda akan normal kembali.

minum air putih, terapi air putih, manfaat air putih
Air putih, Sehat Menyehatkan
Menurut penelitian dan pengalaman, ada beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan terapi air putih tersebut. Berikut ini adalah beberapa penyakit tersebut dan rentang waktu yang dianjurkan untuk terapi air putih, diantaranya :
  1. Sembelit 1 hari
  2. TBC paru-paru 3 bulan
  3. Kencing manis 7 hari
  4. Asam urat 2 hari
  5. Tekanan darah 4 minggu
  6. Kanker 4 minggu
Catatan :
Disarankan agar penderita radang/ sakit persendian dan rematik melaksanakan terapi air putih 3 kali sehari, yaitu pagi, siang, dan malam satu jam sebelum makan selama 1 minggu. Setelah itu dua kali sehari sampai penyakitnya sembuh.

Semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum....