English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Monday, April 01, 2013

Pengertian dan Tujuan Penilaian

Assalamu'alaikum...
Mayasa©. Dalam proses belajar mengajar tentu tidak dapat lepas dari yang namanya Penilaian. Entah penilaian secara lisan, tertulis maupun perbuatan. Secara umum penilaian bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa.

Berkaitan dengan penilaian, beberapa waktu yang lalu, saat masih kuliah. Salah satu dosen meminta kami untuk membuat makalah berkenaan dengan penilian tersebut. Jadi kali ini akan saya uraikan sedikit tentang penilian berkenaan dengan pengertian maupun tujuan penilaian itu sendiri.


 A. ISTILAH DAN PENGERTIAN

  1. Penilaian (assessment) adalah penafsiran hasil pengukuran & pencapaian hasil belajar.
  2. Evaluasi adalah kegiatan identifikasi program tercapai atau belum, berharga atau tidak, efisien atau tidak. Evaluasi berhubungan dengan keputusan nilai (value judgement)
  3. Hasil Penilaian bisa kualitatif (pernyataan naratif dengan kata-kata), bisa kuantitatif berupa angka)
Penilaian hasil belajar (menurut PP No. 19 tahun 2005), Standar penilaian meliputi 3 hal :
  1. Penilaian hasil belajar oleh pendidik
  2. Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan
  3. Penilaian hasil belajar oleh Pemerintah
B. TUJUAN DAN FUNGSI PENILAIAN :
Tujuan penilaian secara umum yaitu untuk melihat seberapa banyak indikator kompetensi dasar suatu mata pelajaran yang tercapai. Selain itu, penilaian juga bertujuan untuk :
  1. Menilai kebutuhan individual
  2. Menentukan kebutuhan pembelajaran
  3. Mendorong siswa untuk belajar dengan lebih baik
  4. Mendorong guru untuk mengajar dan menentukan strategi pembelajaran dengan lebih baik
  5. Akuntabilitas lembaga
  6. Meningkatkan kualitas pendidikan
Selain berfungsi sebagai indikator pencapaian kemampuan dasar, penilaian juga berfungsi untuk :
  1. Mengetahui kemajuan dan kesulitan beajar siswa
  2. Memberikan umpan balik
  3. Melakukan perbaikan kegiatan pembelajaran
  4. Memotivasi guru untuk mengajar dengan lebih baik
  5. Memotivasi siswa untuk belajar dengan lebih giat 
Dari uraian diatas dapat dipahami bahwa penilaian sangat penting untuk dilaksanakan sebaik-baiknya, sebab hasil penilian yang otentik akan dapat menggambarkan kualitas pembelajaran dan kemampuan siswa secara tepat. Sehingga guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran serta lebih terampil dalam menyajikan materi.
 

Sumber :
http://penilaianhasilbelajar.blogspot.com/2008_01_01_archive.html Alimudin S.Pd.I

0 comments:

Post a Comment

Thank you for visiting this blog ...
Please leave at least a comment to improve the quality of this blog.
Thank you very much....