English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Wednesday, April 03, 2013

Pendekatan dan Prinsip Penilaian

Assalamu'alaikum....
Mayasa©. Menyambung pembahasan mengenai penilaian kemarin, kali ini akan saya tambahkan sedikit mengenai pendekatan dan prinsip dalam melaksanakan penilaian.
Dalam melaksanakan penilaian, kita tidak boleh asal-asalan (ngawur: jawa) tentunya agar hasil penilaian tersebut valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

Proses Penilaian
Adapun pembahasan mengenai pendekatan dan prinsip penilaian tersebut adalah sebagai berikut.....

A. Pendekatan penilaian :
  1. Menggunakan berbagai teknik
  2. Menekankan hasil (outcomes), dengan memperhatikan input dan proses
  3. Melihat dari perspektif taksonomi tujuan pendidikan, menilai perkembangan kognitif, afektif dan psikomotor sesuai karakteristik mata pelajaran
  4. Menerapkan standar kompetensi lulusan (exit outcomes)
  5. Menerapkan system penilaian acuan criteria (criterion-referenced assessment) dan standar pencapaian (performance standard) yang konsisten.
  6. Menerapkan penilaian otentik untuk menjamin pencapaian kompetensi
B. Prinsip :
  1. Penilaian merupakan bagian tak terpisahkan dari proses pembelajaran
  2. Mencerminkan masalah dunia nyata
  3. Menggunakan berbagai ukuran, metode, teknik dan kriteria sesuai dengan karakteristik dan esensi pengalaman belajar
  4. Bersifat holistic, mencakup semua aspek dari tujuan pembelajaran 
Jadi penilaian tidak hanya dapat dilaksanakan secara tertulis saja, namun ada banyak tekhnik yang dapat dipilih dalam melaksanakan penilian.
Penilian yang baik adalah yang mampu menilai seluruh aspek siswa, baik kognitif, afektif, mapun psikomotorik.

Sekian dulu pembahasannya, wassalamu'alaikum.....

0 comments:

Post a Comment

Thank you for visiting this blog ...
Please leave at least a comment to improve the quality of this blog.
Thank you very much....