English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Saturday, June 01, 2013

Desain Sistem Pembelajaran

Desain Pembelajaran
Assalamu'alaikum . . .

Mayasa©. Unsur siswa, tujuan, metode, dan evaluasi merupakan kerangka acuan dalam perencanaan pembelajaran bersistem.

Desain Sistem Pembelajaran adalah prosedur yang terorganisasi yang meliputi langkah – langkah penganalisaan, perancangan, pengembangan, pengaplikasian dan penilaian pembelajaran.

Hal-hal diatas meliputi :
  1. Ciri siswa atau peserta didik
  2. Tujuan yang akan dicapai
  3. Metode dan kegiatan pembelajaran
  4. Evaluasi
Jerold. E.Kemp (1985; 45-46) menganjurkan kepada guru dalam mendesain pembelajaran untuk memperhatikan latar belakang siswa dari segi akademis dan sosial. Kedua latar belakang tersebut dapat menjadi pertimbangan dalam mendesain pembelajaran karena siswa sebagai subjek belajar, selanjutnya dapat ditentukan sasaran, metode, dan tingkat evaluasi pembelajaran yang akan dilakukan.

Adapun latar belakang akademis meliputi :
  1. Nilai hasil belajar siswa setiap mata pelajaran
  2. Tingkat pelatihan yang pernah diikuti
  3. Mata pelajaran yang pernah diikuti
  4. Mata pelajaran yang pernah dipelajari
  5. Tingkat keterampilan membaca, menulis dan matematika
  6. Prestasi pengembangan diri
Sedangkan latar belakang sosial meliputi :
  1. Umur
  2. Minat terhadap mata pelajaran
  3. Harapan dan cita-cita
  4. Lapangan kerja yang diinginkan
  5. Bakat istimewa
  6. Keterampilan yang dimiliki
  7. Semangat kerja
Dengan memperhatikan hal-hal tersebut diatas, kita dapat merancang/ pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Sehingga potensi yang dimiliki siswa akan dapat berkembang secara optimal.

Semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum . . . .

0 comments:

Post a Comment

Thank you for visiting this blog ...
Please leave at least a comment to improve the quality of this blog.
Thank you very much....