English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Saturday, September 08, 2012

Penyebab Anak Susah Bangun Pagi

penyebab susah bangun tidur, sulit bangun tidur
Anak sulit bangun tidur?
Assalamu'alaikum...
Mayasa©. Orangtua kadang merasa stres dan juga kesal saat membangunkan anaknya untuk siap-siap sekolah di pagi hari. Sebenarnya apasih penyebab itu semua, selain itu kondisi tersebut seringkali membuat anak menjadi mengantuk dan malas dikelas. Jika anda ingin tahu penyebabnya, silahkan anda simak uraian yang saya kutip dari Detikhealth berikut.
Tubuh anak baik laki-laki maupun perempuan terutama remaja berbeda dibanding dengan orang dewasa, termasuk sistem biologis tubuhnya. Diketahui biologis tubuh anak remaja membuatnya tidur larut malam dan bangun terlambat.

Penyebab
Penelitian baru menunjukkan perubahan hormon selama masa pubertas bisa menyebabkan keterlambatan zat kimia pemicu tidur yang membuat anak remaja sulit untuk bangun di pagi hari, seperti dikutip dari CBC.ca, Jumat (7/9/2012).

Hormon melatonin yang diketahui menginduksi atau merangsang tidur biasanya dilepaskan sendiri oleh tubuh. Pada orang dewasa hormon ini keluar sekitar pukul 10 malam, sayangnya pada remaja baru dilepaskan sekitar pukul 1 dini hari.

Kondisi ini membuat beberapa anak sulit untuk tidur cepat saat malam hari, meski ia sudah masuk kamar lebih awal. Terlambatnya pelepasan hormon melatonin ini membuat anak-anak merasa masih malam meski ia dibangunkan pagi hari, karenanya anak-anak akan berjuang untuk bangun.

Selain akibat perubahan hormon tersebut, beberapa hal juga bisa menjadi penyebab anak sulit dibangunkan seperti tidur malam di depan televisi, tidur dengan cahya terang yang membuatnya makin sulit tidur cepat.

Solusi
Untuk itu salah satu cara yang bisa dilakukan orangtua adalah membantu anak tidur lebih cepat misalnya dengan memberikan kegiatan ekstrakurikuler di siang hari dan menciptakan lingkungan kamar yang nyaman bagi anak sehingga bisa tidur lebih cepat.

So, mari kita buat sibuk anak disiang hari agar malam mereka segera tidur dan dapat bangun pagi keesokannya.
Wassalamu'alaikum...

2 comments:

  1. Adik saya yang masih sekolah di SD juga gitu sob, susah untuk bangun pagi. Malamnya terlalu banyak nonton tv bahkan sampai jam 10 malam. Tapi tiap disuruh untuk tidur itu selalu ngeyel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sob, ponakan ane yang masih TK bahkan doyan begadang. Padahal siangnya dia jg jarang tidur.
      Pusing juga ngadepinnya.
      Btw, thank's udah mampir..

      Delete

Thank you for visiting this blog ...
Please leave at least a comment to improve the quality of this blog.
Thank you very much....