English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Thursday, September 27, 2012

Pembelajaran yang Efektif

Assalamu'alaikum...
Mayasa©. Pembelajaran adalah proses membelajarkan siswa menggunakan asas pendidikan maupun teori belajar, yang merupakan faktor utama penentu keberhasilan pendidikan (TIM, 2007: 6).


Sedangkan efektif adalah suatu pencapaian tujuan secara tepat atau memilih tujuan-tujuan yang tepat dari serangkaian alternatif atau pilihan cara dan menentukan pilihan dari beberapa pilihan lainnya. (http://aguswibisono.com/2010/efektif-dan-efisien/).

Dari kedua pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran efektif adalah suatu usaha yang dilakukan guru untuk membelajarkan siswa dengan mempertimbangkan pemilihan metode, materi, sumber belajar, kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai sesuai sasaran.

Pembelajaran yang efektif berkaitan dengan pertanyaan “sejauh mana proses belajar yang dijalankan mampu membawa siswa mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan”.

Situasi belajar yang aktif dan menyenangkan tidaklah cukup jika proses pembelajaran tersebut tidak efektif, yaitu tidak menghasilkan apa yang seharusnya dikuasai siswa setelah proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, hal yang krusial dari seorang guru adalah mempersiapkan dan merancang keaktifan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Dalam tahapan ini, guru perlu bertanya kepada diri sendiri, apakah keaktifan yang dirancangnya dapat membantu siswa mencapai kompetensi yang diharapkan atau sebaliknya tidak akan memberi dampak apa-apa bagi mereka.

Itulah sefikit uraian mengenai pembelajaran yang efektif. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi keefektifan pembelajaran insyaAlloh akan kita bahas pada artikel yang lain.
jadi, sudahkah kita melaksanakan pembelajaran dengan efektif?

Wassalamu'alaikum...

Daftar Pustaka :
  1. Wibisono, Agus. 2010. Efektif dan Efisiensi. http://aguswibisono.com/2010/efektif-dan-efisien/

    0 comments:

    Post a Comment

    Thank you for visiting this blog ...
    Please leave at least a comment to improve the quality of this blog.
    Thank you very much....