Assalamu'alaikum..
Mayasa©. Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang mampu memfasilitasi siswa dalam berinteraksi, baik interaksi dengan Guru, inetraksi siswa dengan siswa yang lain, interaksi siswa dengan lingkungan belajarnya maupun interaksi siswa dengan media pembelajaran yang digunakan.
Tentu interaksi tersebut dapat terjadi apabila ada linieritas/ kesesuaian antara materi yang dipelajari dengan media maupun lingkungan belajar yang ada.
Bicara mengenai media pembelajaran, pada postingan yang lalu saya telah menguraikan sedikit mengenai media SEQIP dalam pembelajaran IPA.
Kali ini saya ingin memamerkan menunjukkan media yang saya buat dari CD bekas. Media tersebut saya buat saat microteaching karena saya ingin menyampaikan materi mengenai perubahan energi.
Jadi media dari CD bekas tersebut saya fungsikan sebagai KIT IPA seperti media SEQIP.
Langsung saja anda simak bentuk media tersebut ...
DANBO-pun menyukai media tersebut |
Lumayanlah untuk menarik perhatian siswa.
Yang diperlukan untuk membuat media tersebut hanyalah :
- CD bekas
- Kabel
- Saklar
- Output device (Led, motor listrik, buzzer - tergantung perubahan energinya)
- Batrei
- Baut sebagai konektor
- Solder, Obeng dan Lem
Kelebihan media tersebut menurut saya adalah :
- Murah karena terbuat dari barang bekas (kecuali batrei).
- Membuat penasaran siswa, karena bentuknya yang tidak
wajarbiasa. - Mengaktifkan, karena siswa dapat merakinya sampai rangkaian berfungsi.
Sedangkan kelemahannya yang utama adalah ketahanan, karena kepingan CD sangat rentan pecah. Jadi saat pembuatan dan pemakaian usahakan sehati-hati mungkin.
Terlalu subjektif gag ya, coz itukan buatan saya ^_^!
Terlalu subjektif gag ya, coz itukan buatan saya ^_^!
Btw media tersebut dapat dijadikan alternatif media pembelajaran sekaligus mengurangi penumpukan sampah..
Semoga bermanfaat dan wassalamu'alaikum....
mantap gan.... moga bermanfaat ...
ReplyDeleteBANDUNG Paris van Java With Love: CETAK KARTU UNDANGAN