Assalamu'alaikum....
Mayasa©. Menyambung pembahasan mengenai penilaian kemarin, kali ini akan saya tambahkan sedikit mengenai pendekatan dan prinsip dalam melaksanakan penilaian.
Dalam melaksanakan penilaian, kita tidak boleh asal-asalan (ngawur: jawa) tentunya agar hasil penilaian tersebut valid dan dapat dipertanggungjawabkan.
Proses Penilaian |
A. Pendekatan penilaian :
- Menggunakan berbagai teknik
- Menekankan hasil (outcomes), dengan memperhatikan input dan proses
- Melihat dari perspektif taksonomi tujuan pendidikan, menilai perkembangan kognitif, afektif dan psikomotor sesuai karakteristik mata pelajaran
- Menerapkan standar kompetensi lulusan (exit outcomes)
- Menerapkan system penilaian acuan criteria (criterion-referenced assessment) dan standar pencapaian (performance standard) yang konsisten.
- Menerapkan penilaian otentik untuk menjamin pencapaian kompetensi
- Penilaian merupakan bagian tak terpisahkan dari proses pembelajaran
- Mencerminkan masalah dunia nyata
- Menggunakan berbagai ukuran, metode, teknik dan kriteria sesuai dengan karakteristik dan esensi pengalaman belajar
- Bersifat holistic, mencakup semua aspek dari tujuan pembelajaran
Penilian yang baik adalah yang mampu menilai seluruh aspek siswa, baik kognitif, afektif, mapun psikomotorik.
Sekian dulu pembahasannya, wassalamu'alaikum.....
0 comments:
Post a Comment
Thank you for visiting this blog ...
Please leave at least a comment to improve the quality of this blog.
Thank you very much....