Wednesday, April 04, 2012

Model Pembelajaran Pictorial Riddle

Assalamu'alaikum...

Teka-teki bergambar
Mayasa©. Alhamdulillah masih bisa update blog lagi. Kembali saya akan mempost mengenai model pembelajaran. Kali ini model pembelajaran yang akan saya ulas disini adalah model pembelajaran Pictorial Riddle atau teka-teki gambar. Model Pictorial Riddle termasuk dalam kelompok model Inquiry. Model pembelajaran Pictorial Riddle dan model pembelajaran Problem Based Learning Based Internet merupakan model pembelajaran yang diterapkan Nur'aini saat menyusun skripsinya. Skripsi tersebut disusun dengan membandingkan dua model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa sehingga akhirnya akan diketahui manakah dari kedua model pembelajaran tersebut yang lebih efektif untuk dilaksanakan. 
Nah silahkan anda simak kajian teori mengenai Model pembelajaran Pictorial Riddle yang saya kutip dari uraian Nur'aini berikut ini...
Sebelum kita membahas model pembelajaran Pictorial Riddle, lebih dulu marilah kita pahami apa saja yang termasuk kelompok model pembelajaran Inquiry. Moh. Amin (dalam Sudirman N, 1992) menguraikan tentang tujuh jenis model pembelajaran inquiry-discovery sebagai berikut :
  1. Guided Discovery-Inquiry Lab. Lesson
    Sebagian perencanaan dibuat oleh guru. Selain itu guru menyediakan kesempatan bimbingan atau petunjuk yang cukup luas kepada siswa. Dalam hal ini siswa tidak merumuskan problema, sementara petunjuk yang cukup luas tentang bagaimana menyusun dan mencatat diberikan oleh guru.
  2. Modified Discovery-Inquiry Guru hanya memberikan problema saja. Biasanya disediakan pula bahan atau alat-alat yang diperlukan, kemudian siswa diundang untuk memecahkannya melalui pengamatan, eksplorasi dan atau melalui prosedur penelitian untuk memperoleh jawabannya. Pemecahan masalah dilakukan atas inisiatif dan caranya sendiri secara berkelompok atau perseorangan. Guru berperan sebagai pendorong, nara sumber, dan memberikan bantuan yang diperlukan untuk menjamin kelancaran proses belajar siswa.
  3. Free Inquiry
    Kegiatan free inquiry dilakukan setelah siswa mempelajarai dan mengerti bagaimana memecahkan suatu problema dan telah memperoleh pengetahuan cukup tentang bidang studi tertentu serta telah melakukan modified discovery-inquiry. Dalam metode ini siswa harus mengidentifikasi dan merumuskan macam problema yang akan dipelajari atau dipecahkan.
  4. Invitation Into Inquiry
    Siswa dilibatkan dalam proses pemecahan problema sebagaimana cara-cara yang lazim diikuti scientist. Suatu undangan (invitation) memberikan suatu problema kepada siswa, dan melalui pertanyaan masalah yang telah direncanakan dengan hati-hati mengundang siswa untuk melakukan beberapa kegiatan atau kalau mungkin, semua kegiatan sebagai berikut : merancang eksperimen, merumuskan hipotesis, menetapkan kontrol, menentukan sebab akibat, menginterpretasi datadan membuat grafik
  5. Inquiry Role Approach
    Inquiry Role Approach merupakan kegiatan proses belajar yang melibatkan siswa dalam tim-tim yang masing-masing terdiri tas empat anggota untuk memecahkan invitation into inquiry. Masing-masing anggota tim diberi tugas suatu peranan yang berbeda-beda sebagai berikut : koodinator tim, penasihat teknis, pencatat data dan evaluator proses
  6. Pictorial Riddle
    Pendekatan dengan menggunakan Pictorial Riddle adalah salah satu teknik atau metode untuk mengembangkan motivasi dan minat siswa di dalam diskusi kelompok kecil maupun besar. Gambar atau peragaan, peragaan, atau situasi yang sesungguhnya dapat digunakan untuk meningkatkan cara berfikir kritis dan kreatif siswa. Suatu ridlle biasanya berupa gambar di papan tulis, papan poster, atau diproyeksikan dari suatu trasparansi, kemudian guru mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan ridlle itu.
  7. Synectics Lesson
    Pada dasarnya syntetics memusatkan pada keterlibatan siswa untyuk membuat berbagai macam bentuk metafora (kiasan) supaya dapat membuka intelegensinya dan mengembangkan kreativitasnya. Hal ini dapat dilaksankan karena metafora dapat membantu dalam melepaskan “ikatan struktur mental” yang melekat kuat dalam memandang suatu problema sehingga dapat menunjang timbulnya ide-ide kreatif.
Setelah kita ketahui apa saja jenis-jenis model pembelajaran Inquiry, sekarang akan saya uraikan pengertian, langkah-langkah serta kelebihan dan kekurangan model pembelajaran Pictorial Riddle.

A. Pengertian
Model Pictorial Riddle adalah suatu model pembelajaran untuk mengembangkan motivasi dan minat siswa dalam diskusi kelompok kecil maupun besar melalui suatu riddle bergambar di papan tulis, papan poster atau diproyeksikan dari suatu transparasi, kemudian guru mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan riddle tersebut. (http://wwwpojokfisikauniflor.blogspot.com/2011/02/pendekatan-inkuiri-dalam-pembelajaran.html).

B. Langkah-langkah
Langkah-langkah model pembelajaran Pictorial Riddle dapat dirinci sebagai berikut:
  1. Siswa disajikan permasalahan yang gambar peristiwa yang menimbulkan teka-teki.
  2. Siswa mengidentifikasi masalah secara berkelompok dari permasalahan yang diberikan.
  3. Siswa melakukan pengamatan berdasarkan riddle bergambar yang mengandung permasalahan.
  4. Siswa merumuskan penjelasan melalui diskusi
  5. Siswa mengadakan analisis inkuiri melalui tanya jawab (Samsudin, 2011: 10).

C. Kelebihan dan Kekurangan
Seperti halnya model pembelajaran yang lain, model pembelajaran Pictorial Riddle juga mempunyai kelebihan maupun kekurangan. Adapun kelebihan model pembelajaran Pictorial Riddle, antara lain:
  1. Siswa lebih memahami konsep-konsep dasar dan dapat mendorong siswa untuk mengeluarkan ide-idenya.
  2. Melalui teka-teki bergambar, materi yang diberikan dapat lebih lama terekam dalam ingatan siswa.
  3. Mendorong siswa untuk berpikir kritis sehingga siswa mampu mengeluarkan inisiatifnya sendiri.
  4. Mendorong siswa untuk dapat berpikir intuitif dan merumuskan hipotesisnya sendiri.
  5. Meningkatkan motivasi belajar siswa.
  6. Siswa tidak hanya belajar tentang konsep-konsep dan prinsip- prinsip, tetapi ia juga mengalami proses belajar tentang pengarahan diri sendiri, tanggung jawab, komunikasi sosial.
  7. Dapat membentuk dan mengembangkan self-concept pada diri siswa.
  8. Dapat memperkaya dan memperdalam materi yang dipelajari sehingga materi dapat bertahan lama di dalam ingatan.
 Adapun kekurangan model pembelajaran Pictorial Riddle, antara lain:
  1. Siswa yang terbiasa belajar dengan hanya menerima informasi dari guru akan kesulitan jika dituntut untuk berpikir sendiri.
  2. Guru dituntut mengubah kebiasaan mengajarnya yang mulanya sebagai pemberi atau penyaji informasi menjadi sebagai fasilitator, motivator, dan pembimbing siswa dalam belajar.
  3. Banyaknya kebebasan yang diberikan siswa dalam belajar tidak menjamin bahwa siswa belajar dengan tekun, penuh aktivitas, dan terarah.
  4. Berbagai sumber belajar dan fasilitas yang dibutuhkan tidak selalu mudah disediakan.
  5. Siswa membutuhkan lebih banyak bimbingan guru untuk melakukan penyelidikan atau pun aktivitas belajar lain.
  6. Penggunaan model pembelajaran ini pada kelas besar serta jumlah guru yang terbatas membuat tidak optimalnya pembelajaran.
  7. Pemecahan masalah dapat bersifat mekanistis, formalitas, dan membosankan (http://wwwpojokfisikauniflor.blogspot.com/2011/02/pendekatan-inkuiri-dalam-pembelajaran.html).
Dari uraian tersebut dapat dipahami bahwa kelebihan model pembelajaran Pictorial Riddle adalah dapat merangsang siswa untuk berfikir lebih kritis terhadap permasalahan yang disajikan dalam bentuk teka-teki bergambar. Hal tersebut karena teka-teki bergambar dapat menggugah keingintahuan siswa terhadap permasalahan yang dihadirkan, sehingga siswa terdorong untuk lebih dalam lagi mempelajari permasalahan tersebut. Sedangkan kekurangan model pembelajaran Pictorial Riddle adalah sulitnya pengkondisian kelas yang nantinya guru lakukan dikarenakan dalam model pembelajaran ini siswa mempunyai kebebasan yang lebih banyak untuk melakukan aktivitas di dalam kelompoknya.

Itulah sedikit uraian mengenai model pembelajaran Pictorial Riddle yang mungkin terlihat sederhana dan menggunakan media pembelajaran yang murah meriah juga, namun tentunya model tersebut dapat memfasilitasi siswa untuk mengembangkan kreatifitas dan inisiatifnya dalam menyelesaikan masalah.
Nah bagaimana bapak ibu guru (dan calon guru) semua, tertarik untuk menerapkan model pembelajaran Pictorial Riddle dikelas?

Good luck N' Wassalamu'alaikum...
SOURCE :
  • Sudirman, N. 1992. Ilmu Pendidikan. Bandung : Rosdakarya.
  • Samsudin, Achmad. 2011. Slide Presentasi Jurusan Fisika FPMIPA UPI Belajar dan Pembelajaran Fisika. Bandung: tidak diterbitkan.
  • Fisika Uniflor. 2011. “Pendekatan Inkuiri Dalam Pembelajaran SAINS”. http://wwwpojokfisikauniflor.blogspot.com/2011/02/pendekatan-inkuiri-dalam-pembelajaran.html (diakses tanggal 2 November 2011 pukul 10.18).

18 comments:

  1. terimakasih atas informasinya..
    referensi untuk pictorial riddle ini apa ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ichy Lucya Resta...
      Maaf saya baru sempat balas. Untuk referensi yang khusus membahas pictorial ridlle terus terang belum saya temukan.
      Namun untuk artikel diatas, referensinya seperti yang tercantum.
      Kebanyakan buku membahas inquiry secara umum, sehingga tidak mengerucut pada pictorial riddle.

      Delete
  2. Replies
    1. @Ichy Lucya Resta...
      Saat ini saya sedang mencari kajian teori tentang pictorial Ridlle, insyaAlloh jika sudah lengkap akan saya update disini.
      Terimakasih kunjungannya..

      Delete
  3. kasih contohnya dong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mbak Upik...
      Contoh apa mbak?
      COntoh penerapan atau contoh skenario pembelajarannya?
      Makasih dah berkunjung...

      Delete
  4. ada lagi g penjelasan tentang pictorial riddle?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ayu Dwi Wahyu..
      Ada, tapi sedang diedit dan dilengkapi lagi, jadi blm saya posting disini...
      Thank's sudah mampir

      Delete
    2. o gtu y,, klo bs sklian ma cth nya ya..
      mksih...

      Delete
    3. InsyaAlloh segera diposting..
      Thank's again...

      Delete
  5. mau tanya kalo misal pictorial riddle diterapkan pada materi optik contohnya kaya gmn ya riddlenya..?? mohon arahannya.... :D pingin ngangkat materi pictorial riddle buat skripsi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, bisa lebih diperinci materi optik untuk kelas berapa?

      Delete
    2. maaf..bisa tolong di tampilkan contoh riddlenya untuk materi optik SMP kelas VIII ?

      Delete
  6. dimana ya bisa dapet refrensi tentang buku metode pictorial ridlle ini mbak?

    ReplyDelete
  7. Maaf mau nanya, metode pictorial riddle itu yang cocok digunain di materi matematika materi apa aja ya ?
    Tolong di jawab ya
    Terima kasih

    ReplyDelete
  8. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete

Thank you for visiting this blog ...
Please leave at least a comment to improve the quality of this blog.
Thank you very much....